Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Camat Woha Pimpin Program Jum’at Bersih

30 Oktober 2010 | Sabtu, Oktober 30, 2010 WIB Last Updated 2010-10-30T09:40:11Z
Bima, (SM).- Camat Woha Drs Dahlan memimpin langsung gerakan kebersihan dalam upaya melestarikan gerakan Jum’at Khusu yang menjadi program Pemerintah Daerah Kabupaten Bima serta antisipasi munculnya berbagai penyakit jelang musim hujan tahun sekarang.
Dahlan yang dikonfirmasi mengaku, gerakan kebersihan itu akan diprogram sekali dalam sebulan dengan melibatkan oleh seluruh Muspika Woha dan Dinas serta instansi yang ada di kecamatan setempat. “Sebagai camat yang baru, saya coba melanjutkan program Jum’at Khusu yang memang menjadi program Pemkab Bima. Gerakan ini hanya satu kali sebulan di hari Jum’at” jelas Dahlan.
Kegiatan gerakan kebersihan atau Jum’at bersih yang dilakukan Jum’at (29/10) kemarin mengambil lokasi dari Desa Tente hingga Desa Talabiu. Yang dibersihkan, parit, pangkas pohon yang tinggi serta genangan air diselokan ataupun parit dibersihkan agar air dapat mengalir dengan lancar.
Genangan air, katanya, dapat munculnya atau berkembang biaknya jentik nyamuk malaria. Gerakan ini juga dilakukan dalam upaya menghambat munculnya penyakit Kolera dan penyakit lainya. Pasalnya, Woha sekarang sudah sering hujan. Sehingga bulan Oktober ini selalu muncul penyakit Kolera, akan tetapi muncul pertanyaan akan dibawa kemana sampah hasil dari gerakan kebersihan itu.
Selain pembersihan sepanjang jalan dari Tente menuju Talabiu, juga dilakukan operasi kebersihan dalam wilayah Pasar Tente dan Terminal. “Kami akan melaksanakan gerakan kebersihan ini secara menyeluruh, dan akan menghabiskan waktu sekitar satu atau dua jam.” Terang Dahlan.
Gerakan itu juga, katanya, untuk memotifasi Pemerintah desa agar mau melaksanakan kegiatan kegarakan kebersihan setiap hari Jum’at. Untuk itu, pemerintah Kecamatan dan dinas serta Instansi yang ada akan memulainya.
Bagaimana tanggapan kades, Kepala Desa Tenga Ruslan yang dimintai tanggapannya mengatakan bahwa apa yang dimulai galakkan pemerintah Kecamatan sepanjang menyangkut kepentingan umum, kamipun di tingkat Pemerintah desa akan ikut berpartisipasi.
Masalah kebersihan menjadi masalah kita semua, akan lebih baik mencegah dari pada mengobati. “Kami selaku kades akan tetap mendukung program dari atas, Jum’at yang akan datang saya juga akan memulai gerakan ini,” ujar Ruslan, Jum’at kemarin di kantor camat Woha. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update