Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkot Bima Siapkan Penilaian Adipura

01 Maret 2013 | Jumat, Maret 01, 2013 WIB Last Updated 2013-02-28T17:30:00Z


Kota Bima, (SM) .- Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin, Kamis (28/2) memimpin rapat koordinasi persiapan penilaian Adipura di Kota Bima di Lesehan Putri. Penilaian yang direncanakan pada bulan Juni mendatang tersebut dihadiri sekitar 157 orang yang melingkupi dinas dan badan terkait, BUMN, Lurah dan Camat se-Kota Bima, Paguyuban se-Kota Bima, LPM, tokoh masyarakat dan para Kepala Sekolah terpilih.

Ketua Pantia Kepala Dina BLH, Ir. Abdurrahman Iba dalam laporannya mengatakan, rakor yang diselenggarakan tersebut merupakan salah satu bentuk kesungguhan Pemerintah Kota Bima meraih Piala Adipura. Program Adipura itu menjadi salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat mewujudkan kota bersih dan teduh dengan motto Green City, Clean City dan Blue Sky City. “Penilaian meliputi beberapa kriteria, diantaranya fasilitas umum, fasilitas pendidikan, fasilitas perkantoran, sanitasi, perairan, sarana pariwisata, dan peran serta masyarakat,” katanya.
Walikota Bima dalam arahannya menjelaskan, untuk membawa piala Adipura ke Kota Bima dibutuhkan tindakan nyata untuk menjadikan Kota Bima bersih, hijau dan memiliki laut yang biru serta udara yang bersih dan memiliki keindahan yang tinggi. 
Namun  di sisi lain, harus juga diakui bahwa dibutuhkan kerja keras ekstra dari seluruh elemen yang ada, karena saat ini Kota Bima sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, dimana bermunculannya pemukiman baru khususnya di bantaran kali, pembangunan ruko dan pertumbuhan berbagai industri rumah tangga yang kemudian menyebabkan masalah pengelolaan sampah yang kian kompleks. “Oleh karenanya dibutuhkan kesadaran yang sangat tinggi, untuk membenahi semua masalah yang timbul utamanya dalam bidang kebersihan dan sanitasi,” ujarnya.
Ia melanjutkan, sangat perlu menggugah kesadaran masyarakat agar membudayakan membuang sampah pada tempatnya dan menyadari betapa pentingnya kebersihan.  Hal ini tentunya diperlukan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat karena sebagus apapun program yang dijalankan tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya dukungan dari seluruh masyarakat Kota Bima.
Ia menghimbau, kepada semua instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat agar bekerjasama dan bahu membahu untuk mengantarkan Kota Bima meraih piala adipura ini. Demikian pula kepada camat dan lurah serta kepala sekolah yang menjadi titik pantau, “saya berharap agar lebih intens dan kontinyu melakukan perbaikan dan  pembenahan di lokasi masing-masing,” harapnya. (bnq)
×
Berita Terbaru Update