Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Prosentase Penggunaan Dana ‘TBM Ruang Publik’ Baru 40 Persen

05 Februari 2013 | Selasa, Februari 05, 2013 WIB Last Updated 2013-02-07T02:19:42Z

Bima, (SM).– Estimasi penggunaan dana untuk sarana dan prasarana Taman Baca Masyarakat (TBM) Ruang Publik yang berlokasi di Rumah Sakit Umum (RSU) Sondosia Kecamatan Bolo dari jumlah alokasi anggaran Rp 150 juta yang dikelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Doro Kota, Desa Pandai, baru sekitar 40 persen.

Kepala SKB Kabupaten Bima, Khaerunisyah, S.Sos yang dikonfirmasi wartawan menjelaskan, dari jumlah alokasi anggaran senilai Rp 150 juta tersebut, harus dipergunakan pengelola untuk pengadaan perlengkapan sarana dan prasarana seperti pengadaan internet, komputer, buku, APE dalam/luar, ayunan, meja serta kursi dengan alokasi anggaran sekitar Rp 30 juta. Untuk penyelengaraan kegiatan Rp 20 juta, pengadaan berbagai buku bacaan Rp 50 juta, serta biaya operasional Rp 50 juta, sehingga totalnya Rp 150 juta.
“Kalau ditilik dari penggunaan yang telah dilakukan PKBM selaku pengelola anggaran TBM Ruang Publik ini, diestimasikan bahwa prosentase penggunaanya baru sekitar 40-50 persen saja, dimana kelengkapan sarana dan prasananya masih jauh dari yang diharapkan,” jelasnya.
Kata dia, mengingat sarana dan prasarana sangat menetukan daripada pelaksanaan program TBM Ruang Publik ini, dirinya meminta pengelola anggaran agar secepatnya menggunakan seluruh anggaran tersebut sampai 100 persen, bila perlu proses pelaksanaan kegiatan pengadaan sarana dan prasarana dilakukan secepat mungkin.
Dihari yang sama, Ketua PKBM Doro Kota, Muslim, A.Md pada wartawan mengatakan, estimasi prosentase penggunaan anggaran oleh Kepala SKB yang mengatakan bahwa prosentase penggunaan anggaran baru sekitar 40-50 persen sangat tidak sesuai dengan kondisi yang ada, sebab menurut pihaknya prosentase penggunaan anggaran dari berbagai item telah mencapai sekitar 70 persen.
Menurutnya, sisa anggaran yang 30 persen yang belum dipergunakan, secepatnya akan dilakukan untuk pengadaan sarana dan prasarana yang belum ada seperti pengadaan internet, komputer dan penambahan buku bacaan serta berbagai sarana dan prasarana lainnya yang belum ada. “Insya Allah secepatnya akan dilengkapi semua dalam waktu dekat,” janjinya.
Informasinya, PKBM Doro Kota Desa Pandai Kecamatan Woha yang mengelola dana ‘TBM Ruang Publik’ tahun 2012 tersebut merupakan salah satu PKBM binaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bima. (pul)
×
Berita Terbaru Update