Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Populasi Ternak di Bima Meningkat

13 Februari 2013 | Rabu, Februari 13, 2013 WIB Last Updated 2013-02-13T05:50:39Z

Bima, (SM).- Populasi dan daya kembang hewan ternak di wilayah Kabupaten Bima mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Peningkatan perkembangbiakan hewan ternak tersebut terjadi hampir pada seluruh jenisnya. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bima, Ir Baharuddin, Selasa kemarin di ruang kerjanya.

Menurutnya, statistik peningkatan hewan ternak berbagai jenis pada 2011, terdiri dari untuk jenis sapi berkisar 117 ribu ekor, terjadi peningkatan pada tahun 2012 hingga mencapai 120 ribuan ekor. Untuk jenis kerbau, pada 2011 berjumlah 22 ribuan ekor, meningkat menjadi 25 ribu ekor tahun 2012. Jenis hewan ternak kuda pada 2011 berkisar 6 ribu ekor terjadi peningkatan pada 2012 yang mencapai angka 7 ribuan ekor. Sedangkan jenis hewan ternak kambing pada 2011 sekitar 300 ribu ekor, meningkat pula pada 2012 dengan menembus angka 5 ribu ekor. “Data itu belum termasuk angka statistik pada 2013 atau tahun berjalan,” ujarnya.
Sementara untuk sebaran populasi perkembangbiakan hewan ternak dimaksud, untuk jenis sapi didominasi wilayah kecamatan Wera, diikuti kecamatan lain. Begitupun untuk populasi dan sebaran hewan ternak jenis kerbau, di wilayah Wera juga lebih banyak menyumbang jumlahnya. Untuk hewan ternak jenis kuda, wilayah Donggo paling banyak populasinya, disusul Woha, Sanggar dan Belo. Hewan ternak jenis kambing, kata Baharuddin, terjadi penyebaran merata hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bima.
Kata Baharuddin, pihaknya memastikan untuk tetap menjaga stabilitas populasi yang meningkat dari tahun ke tahun, tentunya dengan menjaga kualitas dan pelayanan serta sosialiasi pada petani ternak untuk terus membudidayakan sejumlah hewan ternak dimaksud, secara intensif dengan berdasar cara produktif ternak. “Sasaran dinas, pemberdayaan kelompok tani ternak yang lebih profesional dalam pengembangan potensi ternak di seluruh wilayah kerja,” cetusnya.
Poin penting lain yang terus digalakan, yakni melakukan penyuluhan penting melakukan pengembangan ternak secara yang profesional, seperti penyediaan kandang yang sehat, penyediaan pakan ternak kaya gizi serta selalu diasup obat dan vitamin cepat tumbuh lainnya. “Dengan sistem ternak seperti itu, peningkatan populasi ternak di Bima tentu akan semakin meningkat,“ ungkapnya. (ris)
×
Berita Terbaru Update