Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Panwascam Kabupaten Dompu Dilantik

01 Februari 2013 | Jumat, Februari 01, 2013 WIB Last Updated 2013-02-02T03:51:21Z

Dompu,  (SM).- Sedikitnya  24 orang  Pengawas Pemilihan Umum  Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Dompu  dilantik Kamis (31/9) di gedung PKK Kabupaten Dompu oleh Ketua Panwas Kabupaten Drs.Arifuddin.  Nampak hadir Bupati Dompu Drs.H.Bambang M.Yasin, Ir. Syamsuddin Divisi SDM Bawaslu Provinsi NTB serta sejumlah pejabat   lingkup Pemda setempat.

Ketua Panwaslu Kabupaten Drs, Arifuddin dalam sambutannya mengatakan,  dengan dilakukan pelantikan  bertanda telah  melekat tugas dan tanggung jawab Panwascam dalam melaksanakan pengawasan Pemilu terutama Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) NTB yang akan berlangsung dalam beberapa Bulan  lagi.
Setelah pelantikan ini, Syamsuddin menyarankan kepada para pengurus  Panwascam di delapan kecamatan agar segera menentukan  sekretariat serta mengangkat  Sekretaris Panwascam. Terlebih lagi  juga mengangkat petugas lapangan di masing – masing desa. Ia juga mengingatkan   supaya Panwaslu  dapat melaksanakan tugas secara obyektif, independen da profesional yang mengacu pada ketentuan  perundang – undangan yang berlaku.
Sementara Divisi  SDM Ir.Syamsuddin  mengatakan,    penyelenggaraan   Pemilu yang berkualitas sangat diharapkan  dalam  era demokrasi  dewasa ini. Untuk itu, Presiden bersama DPR RI telah melahirkan  undang – undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan  Pemilu yang dirasakan sangat memberikan  perubahan terhadap tatanan demokrasi serta perpolitikan di Indonesia.
Syamsuddin menambahkan, dalam pelaksanaan Pemilu sangat dibutuhkan dukungan dan peran serta semua pihak untuk menudukung kelancaran  dan  meminimalisir berbagai gejolak  yang  tidak diiginkan. Terlebih lagi Panwaslu harus lebih peka dan lihai dalam melakukan  pengawasan  pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu untuk menghindari berbagai kecolongan yang dapat menimbulkan persoalan. ‘’Saya tidak ingin persoalan penyelenggaraan Pemilu tahun 2009 lalu terulang lagi pada Pemilu Gubernur, Legislativ dan Pemilu Presiden,’’katanya.
Sementara Bupati Dompu Drs.H.Bambang M.Yasin menuturkan,   kegiatan Pemilu belakangan ini  sering kali menimbulkan masalah diantaranya berupa gejolak sosial politik. Hal ini disebabkan oleh pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu yang tidak sesuai dengan prosedur. 
Karena demikian, pemerintah daerah sangat memerlukan  kerja yang serius dari Panwaslu dalam  menertibkan setiap tindakan yang melanggar pemilu  ketentuan  Pemilu secara tegas tanpa pandang bulu. (dym)
×
Berita Terbaru Update