Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Digelar Musrenbang tingkat Kecamatan Bolo

12 Februari 2013 | Selasa, Februari 12, 2013 WIB Last Updated 2013-02-12T08:51:59Z

Bima, (SM).- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tahun 2013 untuk tingkat wilayah Kecamatan Bolo digelar, Senin (11/2) yang dipusatkan di aula kantor camat setempat. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh jajaran Muspika setempat, Kepala UPTD, Kepala Desa, BPD, LKMD, Ketua PKK tingkat kecamatan dan desa, Kepala Sekolah dan sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) lainnya di tingkat desa.

Liputan SM, dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Bolo tersebut juga dihadiri langsung tim A yang diketuai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bima Drs. Muzakir, M.Sc didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengendalian H. Faharuddin S.Sos, M.AP, Kabid Fisik Prasarana (Fispra) Rifaid Ahmad S.Sos, M.Si dan juga Wakil Ketua Tim A, dan Sekretaris BPMDes Kabupaten Bima Syafruddin Daud, S.Sos.
Camat Bolo, H.Muhammaddin, S.Sos mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini di tingkat Kecamatan Bolo dilakukan guna menjaring aspirasi masyarakat tentang sejumlah program yang akan dilaksanakan tahun 2014 mendatang mulai dari tingkat dusun, desa serta berbagai rencana program pembangunan seluruh dinas intansi jawatan.
“Ada tiga bidang yang dibahas dalam Musrenbang yaitu fisik, bidang sosial ekonomi, serta bidang sosial budaya,” akunya.
Kata dia, dari tiga bidang tersebut sejumlah peserta Murenbang yang ada di tingkat kecamatan bisa mengusulkan salah satu yang menjadi program skala prioritas yang langsug menyentuh masyarakat.
Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Pengendalian Bappeda Kabupaten Bima, H. Faharuddin mengungkapkan, Musrenbang tingkat kecamatan wajib dilakukan pihaknya selaku pemerintah daerah bersama pemerintah kecamatan setiap tahun sesuai amanatkan Undang-Undang (UU) no 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta sebagaimana yang diamantkan Peraturan Daerah (Perda) no 5 tahun 2005 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah.
Lanjutnya, kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan digelar guna menghasilkan Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan (RPTK) tahun 2014 yang merupakan salah satu persyaratan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bima untuk tahun 2014. Selain dari tiga bidang hasil Musrenbang kecamatan, ada tiga unsur program pendukung lainnya yaitu Rencana Kerja (Renja) dari seluruh SKPD, hasil reses dewan serta aspirasi melalui hasil Kunjungan Kerja (Kungker) Kepala Daerah berikut aspirasi masyarakat yang diajukan lewat proposal. “Hasil Musrenbang kecamatan ditindaklanjuti lagi dalam Musrenbang tingkat SKPD Kabupaten Bima yang dilaksanakan pada 5-6 Maret 2013,” ucapnya.
Faharuddin berharap agar RPTK yang dihasilkan melalui Musrenbang tingkat kecamatan dapat disampaikan lagi oleh masyarakat di sejumlah desa pada pelaksanaan kegiatan reses dewan, kungker Kepala Daerah atau lewat proposal untuk saling menguatkan agar tidak terjadi tumpang tindih. (pul)
×
Berita Terbaru Update