Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tuntut Hak Tanah, Ratusan Warga Sape Datangi Pemkab

10 Januari 2013 | Kamis, Januari 10, 2013 WIB Last Updated 2013-01-11T02:18:03Z

Bima, (SM).- Ratusan warga Kecamatan Sape dan Lambu, Rabu (9/01) mendatangi kantor Bupati Bima, guna terus memperjuangkan hak kepemilikan dan pengelolaan atas puluhan hektar tanah yang telah dilelang pemerintah setempat puluhan tahun lamanya.

Ratusan warga yang tetap mengklaim dan tengah merampas paksa puluhan hektar tanah di wilayah Sape dan Lambu yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dikelola oleh para pemenang lelang, berkonsentrasi di depan gerbang pintu masuk kantor Bupati Bima. Meski di seluruh sudut kompleks kantor Bupati, aparat Kepolisian yang dibantu satuan TNI serta Pol PP setempat, ratusan warga tetap berdiri tegak dengan meneriakan ketidaksabaran mereka atas hak kepemilikan tanah yang diakui ratusan warga telah dirampas pemerintah dengan dalih sebelumnya tanah yang dimiliki warga akan ditukar guling dengan tanah pemerintah lainnya demi kebutuhan pembangunan infrastruktur.
Sementara di salah satu aula kantor Bupati, beberapa wakil warga berikut Penasehat Hukum (PH) warga yang diketuai Sukirman Azis, MH dari LBH Amanah dan pemerintah setempat yang dipimpin Sekda, Drs H Masykur HMS, tengah menggelar pertemuan membahas tuntutan warga dimaksud.    
Suasana aksi penolakan hasil lelang tanah dan tuntutan menguasai tanah yang diakui warga merupakan tanah warisan sejak tahun 70-an itu, semakin menjadi. Penyebabnya, hasil pertemuan antara wakil warga dengan PH dan pemerintah, tidak menemui jalan tengah alias solusi yang diharapkan baik atas keinginan warga pun yang diinginkan pemerintah.
Meski tidak terjadi tindakan anarkis, aksi ratusan warga yang dijaga ketat aparat, berakhir damai. Terpantau salah seorang tokoh masyarakat setempat yang baru saja keluar dari ruang pertemuan, meminta warga untuk pulang dengan dalih akan tetap mempertahankan sejengkal tanah yang diakuinya menjadi hal milik sampai kapanpun meski dengan nyawa sekalipun. (ris)
×
Berita Terbaru Update