Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polisi Larang Siswa Bawa Motor ke Sekolah

31 Januari 2013 | Kamis, Januari 31, 2013 WIB Last Updated 2013-01-30T17:30:02Z

Kota Bima, (SM).- Ada yang berbeda pada razia jajaran petugas Lalu Lintas Polres Bima Kota selama dua hari kemarin. Kendati menggelar razia kendaraan bermotor, namun sasarannya hanya pelajar saja. Satu persatu kendaraan siswa pun diamankan. Polisi beralasan, siswa masih labil dan belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor.

Kasat Lantas Porles Bima Kota, IPTU. Herman, SH di sela-sela aktifitasnya mengatakan, razia yang dilakukannya merupakan razia rutin yang ditingkatkan. Namun kali ini, terkonsentrasi untuk pelajar yang belum berusia 17 tahun dan belum memiliki SIM. “Kami merasa terpanggil untuk menyadarkan pelajar untuk berlalu lintas,” ujarnya, Rabu kemarin.
Kata dia, yang mendasar pada razia ini yakni, berdasarkan evaluasi pihaknya banyak kecelakaan yang terjadi didominasi oleh usia pelajar. Penyebabnya, pelajar SMP dan SMA masih anak-anak rata-rata dan usianya labil dan seringkali melanggar aturan. “Jika alasannya bawa motor untuk kepentingan sekolah, itu bukan alasan. Karena masih banyak sarana transportasi lain yang bisa digunakan. Bisa saja naik ojek atau diantar oleh orang tua,” katanya.
Bahkan pihaknya sudah menghimbau kepada orang tua siswa agar tidak menginjinkan anaknya untuk membawa motor sendirian ke sekolah, jika belum berusia 17 tahun dan memiliki SIM. Selain itu, pihaknya juga sudah menyurati pihak sekolah agar memberitahu siswa untuk tidak membawa motor ke sekolah. “Selain razia kami juga mensosialisasikan ke orang tua dan pihak sekolah,” terang Kasat Lantas baru itu.
Pihaknya juga sering melihat pelajar membawa motor tidak menggunakan helm, bonceng bertiga dan menggunakan knalpot racing. Dan itu sangat berpotensi terjadinya kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. “Razia seperti ini akan terus ditingkatkan dan dijadwalkan,” tutur pria Asli Donggo tersebut.
Ia pun kembali menghimbau kepada orang tua siswa untuk tidak terlalu memanjakan anak. Jika kecelakaan terjadi, orang tua juga yang menanggung akibatnya dan kesedihan. Untuk itu pihak sekolah juga dihimbau agar melarang siswa membawa motor ke sekolah. (bnq)
×
Berita Terbaru Update