Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PNS Dapat Jamkesmas, Warga Mande Turun Jalan

25 Januari 2013 | Jumat, Januari 25, 2013 WIB Last Updated 2013-01-24T17:30:00Z

Kota Bima, (SM).- Kembali puluhan warga Kelurahan Mande, Rabu (23/1) menggelar aksi demo dugaan manipulasi data oleh petugas kelurahan dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima bagi penerima layanan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Kali ini warga mendapatkan data seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tercatat menerima kartu Jamkesmas.  

Liputan SM, warga yang datang menggelar aksi demo di kantor kelurahan dijaga puluhan aparat kepolisian. Walaupun demikian,  warga yang kesal karena tidak adanya respon Pemerintah Kelurahan kemudian sempat akan melakukan penyegelan kantor Lurah namun dapat dihentikan oleh polisi.
Karena dihalang-halangi sempat terjadi aksi saling dorong antara warga dan polisi, sampai kemudian warga memilih membakar ban di depan kantor kelurahan Mande sebagai bentuk protes atas sikap pemerintah yang tidak merespon tuntutan warga.
Warga kemudian membeberkan data yang dimanipulasi, salah satunya data penerima Jamkesmas yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) ternyata tercatat sebagai penerima Jamkesmas.
Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Syahrudin, S.Sos dalam orasinya menuding telah terjadi konspirasi antara Pemerintah Kelurahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) dan pihak-pihak internal Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima dengan sengaja melakukan manipulasi pendataan penerima Jamkesmas di Mande.
Kata Sayahruddin, bukti terjadinya manipulasi data oleh Pemerintah Kelurahan, Pemkot Bima melalui Dikes dan BPS Kota Bima, salah watu warga atas nama Haerudin dan Najamudin RT 07 RW 22 yang berstatus PNS malah mendapatkan kartu Jamkesmas, padahal jelas dalam aturannya hanya bagi orang tidak mampu.
“Masih banyak janda-janda, anak yatim orang tidak mampu yang tidak mendapatkan kartu Jamkesmas, namun oleh pemerintah kini dinilai hanya mementingkan kepentingan kelompoknya bukan murni untuk mengurus rakyat,” ungkapnya.
Sekretaris Kelurahan Mande, A.Rasyid di depan warganya mengaku sudah melakukan pendataan ulang terhadap warga yang belum mendapatkan kartu Jamkesmas, juga mengaku telah bertemu dengan Walikota Bima, H.Qurais H,Abidin membahas keluhan warga dan Walikota sangat merspon dan bagi warga yang belum mendapatkan kartu Jamkesmas akan diakomodir melalui Kartu Jamkesda.
Walaupun tidak puas atas jawaban Lurah dan menilai hanya janji bohong, warga kemudian membubarkan diri dan berjanji bila sampai sepekan tidak terealisasi maka akan ada aksi lanjutan dengan jumlah warga yang lebih bayak. (dd)
×
Berita Terbaru Update