Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemda Tetap Penuhi Ketersediaan Pupuk

31 Januari 2013 | Kamis, Januari 31, 2013 WIB Last Updated 2013-01-30T17:30:00Z

H.Khaerul Insyan SE, MM
Dompu, (SM).- Di tengah kegelisahan para petani yang kesulitan mendapatkan  pupuk tanaman, Kepala Dinas Koperindagtamben H.Khaerul Insyan SE, MM akhirnya angkat bicara.
Secara tegas ia membantah jika Pemda Dompu tidak menunjukan perhatiannya terhadap persoalan yang dihadapi petani, terutama masalah ketersediaan pupuk. “Pastinya, Pemda selama ini tetap berupaya memenuhi ketersediaan pupuk yang dibutuhkan para petani,” katanya Rabu (30/01).

Salah satu langkah konkret yang dilakukan Pemda, melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan Kantor Perwakilan PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) di Mataram. Dari pembicaraan yang dia lakukan dengan pihak perusahaan terungkap bahwa jumlah pupuk urea yang disalurkan khusus di Kabupaten Dompu selama bulan Januari 2013 sebanyak 830 ton. Sedangkan pupuk NPK sebanyak 407 ton. “Jatah pupuk bulan Januari terpenuhi walaupun pendistribusian kurang lancar,” tuturnya.
Menurutnya, dari keterangan PT Pupuk Kaltim kepada pihaknya, dalam beberapa bulan terakhir penyaluran pupuk kurang memuaskan, karena disebabkan oleh faktor cuaca yang kurang bersahabat. Sebab pupuk untuk Dompu dan Bima selama ini diangkut melalui transportasi laut. “Tidak benar jika ada anggapan kalau pupuk Dompu ditimbun dan dibawa ke daerah lain. Tapi kurang lancarnya pendistribusian dipengaruhi faktor cuaca yang cukup ekstrim,” tandasnya seraya menambahkan, “Pupuk Kaltim yang tersedia di Surabaya dalam jumlah yang sangat besar, tapi memang pendistribuasiannya agak sulit,” terangnya.
Sementara, PT Pupuk Kaltim mengirimkan jatah pupuk seribu ton ke Kabupaten Dompu dan akan sampai dalam pecan ini melalui Pelabuhan Laut Kota Bima. “Total yang dikirim 3000 ton dengan pembagian 1000 ton untuk Dompu dan 2000 ton untuk Kabupaten Bima,” tukasnya. (dym)
×
Berita Terbaru Update