Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Panwaslu Kota Bima Seleksi Panwas Kecamatan

02 Januari 2013 | Rabu, Januari 02, 2013 WIB Last Updated 2013-01-01T17:30:02Z


*30 Peserta Lolos Seleksi Tertulis
Kota Bima, (SM).- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima menyelenggarakan ujian tertulis penjaringan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Sabtu (29/12) di Kampus STISIP Mbojo Bima.
Seleksi tertulis tersebut diikuti 51 orang peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lulus pada seleksi administras untuk berkompetisi menyelesaikan dan menjawab 60 soal ujian yang diberikan Panwaslu Kota Bima dengan waktu penyelesaian selama 90 menit.

Pantauan SM pada pelaksanaan seleksi tertulis, para peserta duduk di kursi masing-masing sesuai dengan nomor peserta yang sebelumnya ditempel panitia secara acak dan tidak berdasarkan wilayah kecamatan sehingga tidak memungkinkan antara peserta satu dengan yang lainnya saling memberikan jawaban. Peserta dari lima kecamatan tidak dipisahkan berdasarkan masing-masing kecamatan tetapi ditempatkan dalam satu ruangan ujian.
Menurut Ketua Pengawas penyelenggara ujian, Ir. Khairudin M. Ali, jumlah peserta ujian penjaringan Panwas Kecamatan mengalami peningkatan dibanding pelaksanaan Pemilu beberapa tahun yang lalu. Peserta dari Kecamatan Raba saja mencapai 14 orang dan yang terbanyak dari lima kecamatan sedangkan paling sedikit di Kecamatan Asakota sebanyak 6 orang dan dua orang lainnya dinyatakan tidak lulus administrasi. Sementara di Kecamatan Mpunda diikuti 10 orang, Kecamatan Rasanae Barat 11 orang dan Kecamatan Rasanae Timur sebanyak 10 orang sehingga total peserta berjumlah 51 orang. “Semua peserta yang dinyatakan lulus administrasi sebelumnya juga mengikuti ujian tertulis,” ujarnya usai gelaran ujian di Kampus Stisip.
Menurut Khairudin, para peserta diberikan soal yang sama dengan jumlah 60 soal dan dikerjakan selama 90 menit. Soal-soal tersebut adalah soal yang dikirim Bawaslu Provinsi NTB melalui email Panwaslu Kota Bima sekitar satu minggu sebelum ujian penjaringan dilaksanakan.
Soal itu kemudian digandakan dirinya tanpa dibantu anggota atau staf Panwaslu lainnya. Dan file pengiriman dari Bawaslu yang ada di email Panwaslu juga sudah dihapus alias didelet, hal itu untuk menjaga kerahasiaan soal. “Dalam penggandaannya saya mengerjakan sendiri dengan cara print out dikomputer tanpa di foto copy berikut lembar jawabannya. Kalaupun ada print out yang salah, saya langsung merobek bahkan membakarnya sehingga tidak ada satupun selain saya yang membaca soal apalagi melihat kunci jawaban,” jelasnya.
Dirinya menjamin bahwa soal ujian penjaringan Panwaslu Kecamatan dijamin kerahasiaan dan tidak ada kebocoran, karena dirinya yang bertanggung jawab terhadap soal tersebut. “Saya bahkan melarang anggota dan staf yang ada di Panwaslu masuk kedalam ruang yang sudah disterilkan untuk menyimpan soal,” tegas pimpinan Bimeks Group.
Meski ada diantara peserta yang mencoba meminta soal, dirinya hanaya menyarankan untuk membuka dan membaca undang-undang baik undang-undang penyelenggaraan pemilu, undang-undang lembaga atau penyelenggara pemilu maupun undang-undang pilkada yang semuanya sangat berkaitan dengan apa yang akan dilakukan Panwaslu Kecamatan di lapangan.
Sementara kata dia, Panwaslu Kabupaten Bima juga menyelenggarakan ujian penjaringan Panwaslu Kecanmatan pada hari dan jam yang sama dengan Panwaslu Kota Bima, hal tersebut dilakukan agar proses seleksi tertulis bersamaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya jika Panwaslu Kota yang lebih dulu melaksanakan, maka soal itu pasti akan bocor sementara soal yang digunakan Panwaslu Kabupaten Bima juga soal yang sama yang sebelumnya dikirim oleh Panwaslu Kota Bima.
Dari 51 orang peserta ujian seleksi tertulis Panwas Kecamatan tersebut, 30 diantaranya dinyatakan lulus seleksi masing-masing sebanyak 6 orang pada setiap kecamatan sebagaimana pengumuman yang dikeluarkan Panwaslu Kota Bima bernomor 03/SEL-PANWASCAM/XII/2012 pada tanggal 31 Desember 2012 lalu.
Peserta yang lulus ujian tertulis tersebut akan mengikuti fit and propertest pada Senin tanggal 7 Januari 2013 di Sekretariat Panwaslu Kota Bima jalan seroja nomor 1 Kelurahan NaE Kota Bima. (dil)
×
Berita Terbaru Update