Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Nggembe dan Bontokape Pilih Pilkades Baru

18 Januari 2013 | Jumat, Januari 18, 2013 WIB Last Updated 2013-01-18T13:58:28Z
Bima, (SM).– Hasil akhir perhitungan suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Nggembe Kecamatan Bolo yang berlangsung Selasa (15/1), tanda gambar pisang yang diusung kandidat Ishaka Ta’amin memenangkan Pilkades Nggembe masa bhakti 2013-2019.
Perolehan suara Ishaka Ta’amin sebanyak 917 suara, sementara calon atas nama Muh Don dengan tanda gambar (Mangga) mendapatkan 817 suara. Dengan perolehan suara tersebut, Ishaka Ta’amin berhak menjadi Kades untuk enam tahun kedepan.
Data yang dihimpun dari panitia Pilkades setempat, jumlah pemilih yang ditetapkan panitia sebanyak 1.936 pemilih, sedangkan yang memberikan hak pilih pada pemungutan suara Selasa kemarin hanya 1.747 orang dan suara yang dinyatakan batal 23 lembar.
Sementara itu, Pilkades Desa Bontokape yang berlangsung Rabu (16/1) berakhir dengan kemenangan calon nomor urut satu, Abdul Haris yang merupakan pensiunan TNI dengan perolehan 535 suara, disusul calon nomor urut tiga Ibrahim dengan perolehan 491 suara dan posisi ketiga ditempati Abdul Rais dengan meraih 476 suara. Jumlah pemilih pada Pilkades Bontokape sebanyak 1.757 orang. Dari jumlah tersebut pemilih yang memberikan hak suaranya sebanyak 1.505 pemilih, suara dinyatakan batal 1 suara dan abstain 2 suara.
Danramil Bolo, Kapten Ikt. Sudiasa yang dikonfirmasi di lokasi Pilkades mengatakan, pelaksanaan Pilkades Bontokape sampai selesainya pemungutan suara berlangsung aman dan tertib, meskipun beberapa saat pasca pelaksanaan sempat terjadi reaksi dan aksi dari salah seorang calon yang kalah terhadap adik kandungnya yang diduga memberikan hak pilihnya untuk calon lain.
“Tapi persoalan itu sudah diselesaikan pada malam itu juga, sehingga sekarang kondisi Desa Bontokape kembali normal, aman dan tertib. Sama halnya kondisi di Desa Nggembe yang aman dan terkendali pasca Pilkades,” terangnya. (pul)
×
Berita Terbaru Update