Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU dan Panwas Diminta Bangun Harmonisasi

19 Januari 2013 | Sabtu, Januari 19, 2013 WIB Last Updated 2013-01-18T17:00:10Z
Kota Bima, (SM).- Kerap munculnya selisih paham sesama penyelenggara Pemilihan Umum seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) mulai dari pusat hingga daerah, rupanya menjadi catatan penting Sekretaris Daerah Kota Bima.  
Saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dan Pengukuhan Panwaslu Kecamatan se-Kota Bima, Jum’at kemarin, Sekda Kota Bima, Ir. Muhamad Rum mengatakan, ada kecenderungan timbul permasalahan antara KPU dan Panwaslu. Hal ini sebenarnya merupakan permasalahan klasik.
Dikatakannya, selama ini masalah yang muncul antara KPU dan Bawaslu atau lembaga di bawahnya tetap sama, yakni terkait konfliktual. Artinya, satu sama lainnya masih teguh dengan pendirian masing-masing, tanpa berusaha mencari jalan tengah. “Saya berharap hal tersebut tidak terjadi pada Panwaslu dan KPU Kota Bima. Hubungan positif antara KPU dengan Panwaslu akan membuat kondisi serupa tercipta di perangkat lain di bawahnya,” kata Rum.
Menurutnya, harus disadari, jika dari atas sudah terjadi konflik, sampai bawah kondisinya juga akan sama. Karena itu, dibutuhkan hubungan yang positif untuk sama-sama menyukseskan pemilihan umum. Apalagi fungsi KPU dan Panwaslu sama-sama penting, termasuk melibatkan masyarakat dan elemen-elemennya agar bisa ikut bersama-sama terlibat di pemilu. “Panwaslu dan KPU Kota Bima dapat menjalin koordinasi yang baik, sehingga pesta demokrasi dapat berlangsung lancar dan damai,” pungkas Sekda.
Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima Ir. Muhammad Rum dalam sambutan singkatnya mengatakan, tugas untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu sebenarnya tak hanya menjadi tupoksi Panwaslu dan Panwascam, masyarakat umum juga bisa melaporkan pelanggaran  yang terjadi kepada lembaga resmi yang sudah dibentuk. “Yang sudah dilantik kami juga berharap bisa bekerja dengan penuh dedikasi dan professional. Agar Pemilu tanggal 13 Mei mendatang bisa berjalan dengan baik,” harapnya.
Sekda mengingatkan, Panwaslu ini akan mengemban masa tugas yang cukup berat, karena banyak hajatan besar yang akan digelar, mulai dari Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota bima yang berlangsung bersamaan dengan Bupati/Wakil Bupati Lombok Timur dan Gubernur/Wakil Gubernur NTB, serta Pilpres dan Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang. (BNQ)
×
Berita Terbaru Update