Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Koperasi PGRI Gelar Rapat Anggota Tahunan

21 Januari 2013 | Senin, Januari 21, 2013 WIB Last Updated 2013-01-21T07:57:38Z


Kota Bima, (SM).- Sejumlah guru PNS yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  Kota Bima, Sabtu (19/1) lalu menggelar rapat anggota tahunan Koperasi – RI “Obor” di Convention Hall Paruga Nae. Rapat yang dihadiri Walikota Bima tersebut juga dirangkaikan dengan evaluasi dan menyusun pijakan untuk perbaikan langkah ke depan.

Ketua KP-RI “Obor“ Drs. Hasnun Daud dalam laporan pertanggungjawabannya mengatakan, koperasi tersebut didirikan sejak tahun 1968 lalu dengan jumlah anggota awal sebanyak 60 orang. Kemudian simpanan wajib pertama sebanyak Rp500 rupiah dan simpanan pokok pertama sebanyak Rp10 rupiah. “Dulu memang tidak memiliki banyak anggota dan simpanan. Tapi perkembangannya dari tahun ke tahun cukup signifikan,” katanya.
Seiring berjalannya waktu dan pergantian pucuk pimpinan koperasi, kini anggota koperasi “Obor” berjumlah 734 orang. Sedangkan simpanan pokok Rp25 ribu, simpanan wajib sebanyak Rp50 ribu perbulan. “Jumlah simpanan sekarang sudah mencapai 6,7 miliar,” sebutnya.
Ia melanjutkan, dulu koperasi yang dimaksud bernama KPN – RI “Obor”, namun sekarang diganti dengan KP-RI “Obor”. Jika dulu yang bisa menjadi anggota hanya PNS, tapi sekarang bisa untuk non PNS. “Kendati nama koperasi sudah berganti, tapi yang non PNS belum ada yang daftar,” tambahnya.
Di tempat yang sama, Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin dalam sambutannya mengatakan, pada dasarnya koperasi memiliki manfaat ganda, yakni manfaat ekonomi dan manfaat sosial. Untuk bidang ekonomi, seperti meningkatkan penghasilan anggota-anggotanya. Sisa hasil usaha yang diperoleh koperasi dibagikan kembali kepada para anggota sesuai jasa dan aktifitasnya.
Kemudian menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah dan menumbuhkan motif berusaha yang berkemanusiaan. “Kegiatan koperasi tidak semata-mata mencari keuntungan tetapi melayani dengan baik keperluan anggota,” jelasnya.
Sementara manfaat koperasi dalam bidang sosial, lanjutnya adalah mendidik angotanya untuk memiliki semangat kerjasama dan semangat kekeluargaan. Koperasi juga dapat bermanfaat sebagai wadah untuk menumbuhkan sikap jujur dan keterbukaan dalam pengelolaan koperasi.
Qurais menambahkan, Koperasi “Obor” sebagai salah satu dari sekian banyak koperasi yang ada, memiliki tanggungjawab yang besar untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, yang diawali dengan kesejahteraan anggota dan tentunya diawali dengan pengelolaan yang amanah. (bnq)
×
Berita Terbaru Update