Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sekda: Arsip, Memori Kolektif Daerah

19 Desember 2012 | Rabu, Desember 19, 2012 WIB Last Updated 2012-12-18T18:40:00Z
Kota Bima, (SM).- Sekda Kota Bima, Ir. Muhammad Rum, Selasa (18/12), bertempat di aula SMKN 3 Kota Bima secara resmi membuka acara sosialisasi pengelolaan arsip lingkup Pemerintah Kota Bima tahun 2012 yang dihadiri seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. Pada kesempatan itu pula, Sekda menyinggung soal ketidakhadiran para Eselon II pada kegiatan itu. Hal ini tentunya menjadi catatan tersendiri bagi para pejabat Eselon II.

Rum sangat menyayangkan ketidakhadiran pejabat Eselon II pada acara sosialisasi dan penyuluhan pengelolaan arsip. Padahal kegiatan ini sangat penting karena menyangkut tata cara pengelolaan arsip, yang mana arsip sangat penting untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya. Selain itu, arsip dapat menjadi memori kolektif daerah yang dapat diwariskan kepada generasi mendatang dan menjadi bukti kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Dijelaskan Sekda, sampai saat ini kita masih belum mampu mengelola arsip dengan baik. Tentunya kegiatan ini menjadi momentum yang sangat tepat sebagai upaya nyata guna memperbaiki pengelolaan arsip pada setiap unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Bima. “Pengelolaan arsip yang utuh dapat menunjang manajemen ke arah yang lebih baik, sebagai aparatur pemerintah, kita jangan memandang sebelah mata pada sektor arsip ini,” ujar Sekda.
Lebih lanjut dijelaskannya, dengan pengarsipan bukti-bukti keberadaan atau bukti kepemilikan aset pemerintah kota, serta bukti transaksi yang terdokumentasi dengan baik, maka segala aktivitas pemerintah dapat dipertanggung-jawabkan pelaksanaannya, sehingga predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK akan dapat diwujudkan.
Diakhir sambutannya, Sekda mengharapkan kepada peserta sosialisasi agar memanfaatkan sosialisasi dengan sebaik-baiknya sehingga diharapkan mampu mengelola arsip dengan baik dan benar. “Peserta sosialisasi harus mampu jadi pelopor dalam menciptakan opini publik tentang pentingnya arsip dalam proses manajemen pemerintah dan pembangunan, sekurang-kurangnya di lingkungan kerja”, harap Sekda.
Dalam laporannya Kepala Kantor Kearsipan dan Perpustakaan, Dra Hj. Sri Ratnawati, menjelaskan, acara sosialisasi pengelolaan arsip baru kali pertama dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman para pengelola arsip di setiap SKPD, utamanya tentang pentingnya arsip.
Adapun jumlah peserta sebanyak 100 orang, dengan waktu pelaksanaan 1 (satu ) hari, yakni tanggal 18 Desember 2012. Kegiatan sosialisasi meliputi teori dan praktek, teori berisi analisa pada UU No.43 tahun 2009 dan pelaksanaan praktek dengan meninjau tentang pengelolaan arsip di kantor perpustakaan dan kearsipan Kota Bima. (edo)
×
Berita Terbaru Update