Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemda Dompu Gelar Penanam 3000 Pohon

22 Desember 2012 | Sabtu, Desember 22, 2012 WIB Last Updated 2012-12-26T01:47:24Z
Dompu, (SM).- Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar penananam 3000 pohon di hutan  kota dan pinggir jalan baru di Desa Madaprama Kecamatan Woja, serta dipinggir jalan raya menuju Kecamatan Manggelewa.
Kegiatan tersebut melibatkan Bupati Dompu Drs.H.Bambang M.Yasin, unsur forum koordinasi pimpinan daerah, dinas/instansi, sekolah, desa dan kelurahan serta organisasi – organisasi mitra pemerintah. Demikian ungkap Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Dompu Drs.  Burhanuddin yang dihubungi, Kamis (20/12).
Burhan menjelaskan, penanaman 3000 pohon merupakan bagian dari program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk skala nasional. Kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin pada setiap daerah, khususnya di Kabupaten Dompu. “Penanaman pohon seperti ini merupakan program nasional. Pemkab Dompu setiap tahun tetap jalankan program ini,” ujarnya.
Dia membeberkan, hasil penilaian dari pemerintah pusat dan provinsi pada tahun 2011 lalu terkait penanaman pohon, Kabupaten Dompu mendapat juara dua tingkat Provinsi NTB setelah Lombok Barat.
Keberhasilan yang diraih Kabupaten Dompu ini tidak terlepas dari sikap proaktif serta kerja kerasa pemerintah daerah dan masyarakat Dompu pada umumnya yang terus menunjukan kesadaran akan pentingnya penghijauan, baik di kawasan hutan, di pinggir – pinggir jalan maupun di pekerangan rumah mereka. “Keberhasilan yang kita raih pada tahun 2011 harus ditingkatkan lagi,” tuturnya.
Menurutnya, penanaman pohon harus terus tertanam, mulai di sekolah – sekolah, hingga pada tataran lapisan masyarakat. Budaya menanam memberikan dampak yang sangat positif karena kayunya setelah tua bisa dimanfaatkan, bahkan dapat menghindari berbagai ancaman seperti pemanasan global, erosi dan bajir. “Kita ingin mendorong masyarakat untuk menggelorakan budaya menanam. Seperti pepatah mengatakan, kecil menanam dan tua memanen,” terangnya.
Lebih jauh dirinya berharap terkait dengan penanaman 3000 pohon, agar masyarakat Desa Madaprama khususnya dapat menjaga dan merawat pohon yang ditanam sehingga program ini berhasil sesuai yang diinginkan. (dym)
×
Berita Terbaru Update