Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Genjot PAD 2013, Dishubkominfo Fokus Pengawasan

26 Desember 2012 | Rabu, Desember 26, 2012 WIB Last Updated 2012-12-26T02:17:11Z

Bima, (SM).- Kepala Dinas Perhubungan Kominfo Kabupaten Bima  Zunaidin, S.Sos.,MM, menjadikan pengawasan terhadap pengelolaan sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) sebagai salah satu fokus Dishub tahun 2013 mendatang.

Kata dia, upaya ini dilakukan karena sebagian besar objek pendapatan tidak dimaksimalkan, sementara kebocoran setoran ke kas dinas diduga terus terjadi.
Mantan Kepala Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KP2T) ini mengaku, keinginan tersebut dilakukan untuk menangani rendahnya kinerja PAD yang melanda Dishubkominfo beberapa tahun terakhir. "Hasil evaluasi lapangan terpenting kita adalah, kendalanya ada pada pengawasan. Harusnya ini jadi domain dan tugas tim Dishub," ujarnya Selasa (25/12) di sela-sela pengawasan hari-hari besar natal tahun 2013.
Namun Zunaidin enggan memaparkan kebocoran-kebocoran apa saja yang disinyalir olehnya. "Tidak etis saya ungkapkan kebocoran," kata Zunaidin.
Dia hanya mencontohkan, adanya  beberapa pungli yang terjadi seperti tidak cocoknya pantauan lapangan jumlah kendaraan yang parkir perhari dengan retribusi yang disetor tiap hari oleh juru parkir. Karena itulah, Zunaidin berjanji akan terus melakukan pengawasan terhadap kinerja PAD. "Saya juga di tahun 2013 akan bentuk tim intensifikasi mengontrol arus kas (cash flow) dan menghasilkan laporan keuangan terbaru (update) minimal setiap minggu ditiap-tiap objek PAD," janji Zunaidin.
Zunaidin juga mengingatkan seluruh personil Dishubkominfo agar  memaksimalkan fungsi pengawasan sebagai topuksi yang melekat pada tiap-tiap bidang untuk meningkatkan PAD. Beberapa potensi PAD daerah bisa dimaksimalkan, asalkan proaktif mencari celah mendapatkan sumber PAD baru. "Kita  harus terapkan bisnis manajemen, harus bisa gali peluang tentu dengan mengoptimalkan fungsi pengawasan," tutup Zunaidin. (sam)
×
Berita Terbaru Update