Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Diskoperindag Gelar Operasi Pasar Minyak Tanah

28 Desember 2012 | Jumat, Desember 28, 2012 WIB Last Updated 2012-12-27T18:00:03Z


Dompu, (SM).- Dinas Koperindagtamben Kabupaten Dompu menggelar Operasi Pasar (OP) bahan bakar jenis minyak tanah di lima kecamatan, dari delapan kecamatan, dengan pembiayaan bersumber dari APBD II tahun 2012. OP mulai berlangsung Kamis (27/12). Sementara yang tersalurkan hingga Kamis kemarin baru dua kecamatan. Demikian ungkap Kabid Perdagangan Dinas Koperindagtamben, Iskandar S.Sos.
Iskandar menjelaskan, OP Mitan betujuan membantu masyarakat miskin pengguna Mitan untuk kebutuhan memasak dan keperluan lain di dapur.

Persediaan stok Mitan di Dompu belakangan ini sangat berkurang, sehingga masyarakat miskin cukup kesulitan mendapatkan Mitan. Apalagi, yang dia ketahui modus penjualan Mitan dengan harga di atas HET (harga eceran tertinggi) yakni berkisar antara 4500 – 5000 per liter cukup marak. Sehingga membebani rumah tangga miskin (RTM) untuk memperoleh Mitan, bahkan  tak sedikit dari mereka, tak mampu menjangkaunya. ‘’Soal pengawasan  harga Mitan tetap kami lakukan. Masalahnya kami kesulitan dapat bukti. Jika kami temukan, pedagang bisa ditindak dengan aturan perundang – undangan yang berlaku. Karena menjual Mitan di atas HET,’’ tegasnya.
OP Mitan dilakukan di lima kecamatan yakni Dompu, Woja, Pajo, Manggelewa dan Kempo dengan total volume Mitan mencapai 12000 liter.  Tiga kecamatan lain tidak mendapatkan jatah Mitan karena keberadaanya sangat jauh dan sulit dijangkau. Di sisi lain, biaya operasional sangat terbatas. Terlebih lagi, masyarakat pada tiga kecamatan tersebut masih bisa menggunakan bahan bakar alternatif seperti kayu bakar. Tiap desa/kelurahan yang memperoleh Mitan diberi jatah 2 drum Mitan.
System OP ini, pembeli menggunakan kupon yang dibagikan langsung oleh pemerintah desa/kelurahan kepada KK yang terpilih berdasarkan penilaian pemerintah desa dan kelurahan dimaksud. ‘’Kami mempercayakan kepada pemerintah desa dan kelurahan untuk membagikan kupon Mitan. Tiap desa kami berikan delapan kupon. Kemudian per orang dapat jatah 5 liter,’’ tuturnya.
Untuk harga Mitan pada program OP, ditetapkan berdasarkan HET Mitan sebesar Rp2.835.00. Kegiatan OP berlangsung selama empat hari kedepan. Lebih jauh dirinya berharap OP ini berjalan lancar dan mampu mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi kekurangan stok Mitan. (dym)        
×
Berita Terbaru Update