Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Diduga Menipu, Ketua Gerindra Kota Dipolisikan

20 Desember 2012 | Kamis, Desember 20, 2012 WIB Last Updated 2012-12-20T14:06:54Z

Kota Bima, (SM).- Salah seorang Bakal Calon (balon) Walikota Bima periode 2013-2018, H. Zakariah melaporkan Sukirman, SH yang merupakan Ketua Partai Gerindra Kota Bima ke polisi atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp 58 juta dengan iming-iming partai Gerindra akan mendukung pencalonan H. Zakariah maju dalam Pemilukada tahun 2013. Kenyataannya Partai Gerindra malah mendukung pencalonan Kolonel Rifaid.

Sukirman diadukan ke polisi secara resmi, Senin (17/12) oleh H.Zakaria, sesuai surat pengaduan disampaikan, informasi yang diendus media ini, korban melampirkan lima lembar kwitansi bermaterai tertera tanda tangan Ketua Partai Gerindra Kota Bima, Sukirman atas pengambilan uang untuk kepentingtan dukungan pencalonan korban dalam Pemilukada Kota Bima.
Dari uraian lima lembar kwitansi tersebut, untuk tahap awal diambil uang senilai Rp 20 juta, kemudian Rp 4,7 juta, Rp 20 juta, Rp 10 juta dan terakhir Rp 3,5 juta. Dalam pengaduannya korban merasa tertipu lantaran Partai Gerindra kemudian diketahui mendukung pencalonan Kolonel Rifaid dalam Pemilukada Kota Bima.
Kasat Reskrim Polres Bima Kota, Iptu Welman Ferry dikonfirmasi membenarkan adanya pengaduan korban atas nama H. Zakaria terhadap Ketua Gerindra Kota Bima, Sukirman. Dalam pengaduan disebutkan diadukan terjadi penipuan dan penggelapan oleh Ketua Partai gerindra. Bahkan diakui Welman saat ini pihak penyidik sedang menyusun pertanyaan untuk proses pemeriksaan terhadap korban pengaduan untuk kemudian ditindak lanjuti.
Dalam pengaduan korban, diduga telah terjadi penipuan dan penggelapan uang sejumlah Rp 58 juta  oleh Sukirman yang menjabat sebagai Ketua Partai Gerindra Kota Bima, dalam laporan tersebut dikatakan setelah mengambil uang Sukirman menjanjikan partainya akan mendukung korban sebagai kandidat dalam bursa pencalonan Walikota Bima, tapi kenyataannya kemudian tidak.
Ketua Partai Gerindra Kota Bima, Sukirman yang konfirmasi terpisah, mengaku kaitan dengan laporan kepolisi dirinya tidak tahu jelas, yang pasti mengenai dukungan partai Gerindra terhadap calon Walikota Bima belum final. Informasi kaitan dengan partai Gerindra mendukung Kolonel Rifaid dalam bursa pencaloanan Walikota Bima belum final.
Partai Gerindra diakui Sukirman baru hari ini, Rabu (19/12) menggelar rapat koordinasi dengan seluruh unsur pengurus partai sampai di tingkat kecamatan se-Kota Bima untuk menentukan sikap melalui surat rekomendasi ke Pengurus Propinsi siapa figur yang kuat untuk didukung. ”Gerindra belum tentukan sikap kok,” ujarnya.
Dilain pihak, Sukirman memberikan penegasan bahwa Partai Gerindra tidak akan memberikan dukungan pada kandidat calon di luar calon yang memang sudah menjadi kader partai, yang memenuhi syarat hanya H.Zakaria karena memang beliau adalah kader partai Gerindra, begitupun pengurus Partai Gerindra Kota mendukung penuh pencalonan H. Zakaria. Disinggung mengenai laporan polisi terhadap dirinya, Sukirman enggan berkomentar. (dd)

×
Berita Terbaru Update