Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Diamkan Kasus Disnak, Dewan Diancam Didemo

19 Desember 2012 | Rabu, Desember 19, 2012 WIB Last Updated 2012-12-18T18:45:00Z


Bima, (SM).- Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) Cabang Bima mengancam akan demo besar-besaran, jika DPRD Kabupaten Bima melalui Komisi II, dengan sengaja atau mengundur serta mengendorkan pemanggilan Dinas Peternakan (Disnak) setempat, terkait dugaan penyelewengan serta penggelapaan atas dana Rp 2,6 Miliyar pada program sapi di 26 kelompok insentif ternak yang tersebar di wilayah Kabupaten Bima tahun anggaran 2012, yang bersumber dari Dipa Propinsi NTB.

Acaman LMND Bima tersebut disampaikan langsung, pentolan aktifis organisasi yang dikenal garang menyuarakan kepentingan rakyat, Delian Lubis, pada sejumlah wartawan, Selasa (18/12), setelah mengikuti perkembangan pemberitaan sejumlah media massa yang terus mengakat persoalan tersebut, baik dari sisi keseriusan dewan menyikapi hingga dugaan tindak pidana korupsi yang bersemayam di tubuh Disnak Kabupaten Bima.
Tegas Lubis (sapaan akrab Delian Lubis), baik lembaga dewan pun Disnak, harus bertanggungjawab menyelesaikan persoalan yang tengah didugakan atas program insentif sapi dimaksud. Tidak boleh sama sekali keduanya main mata atau sengaja melakukan pembiaran pada indikasi tindak pidana korupsi yang merugikan negara dibalik sebuah program. Apalagi katanya, nilai Rp 2,6 Miliyar semestinya dihajatkan bagi kesejhateraan rakyat. Lalu disalahgunakan untuk memperkaya pribadi atau sekelompok orang saja.
Mestinya, kata dia, dewan sebagai lembaga kontrol dan pengawasan bertindak tegas dan cepat, guna menuntaskan serta mengklarifikasi seperti apa duduk persoalan atas dugaan penyelewengan anggaran pada program insentif sapi dimaksud. Tidak kemudian, dengan berbagai alasan dan alibi, mengudur-undur pemanggilan. “Wajar saja ada tudingan main mata atau setengah hatinya para wakil rakyat yang tidak amanah itu oleh publik, dengan melihat rentang waktu pemainggilan yang terus tertunda,“ ujarnya.
Ia mewarning, dalam rentang waktu sepekan kedepan, jika dewan tidak segera memanggil dan mengklarifikasi dugaan penyelewengan ditubuh Disnak, dipastikan ratusan massa dari LMND Cabang Bima, akan bertamu di DPRD Kabupaten Bima. Bahkan saking seriusnya menuntaskan dugaan tersebut, aktifis LMND itu, dalam waktu dekat pula akan melaporkan dugaan korupsi dana insentif sapi pada aparat hukum.
Ditanya apakah sudah memiliki data terkait dugaan tersebut, Lubis mengaku, “itu rahasia organisasi kami. Masyarakat tunggu saja gerakan kami untuk menuntaskan dugaan tindak pidana korupsi apapun di Bima ini,“ janjinya. (ris)    
×
Berita Terbaru Update