Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dana Bantuan Kelompok Ternak Diserahkan Secara Simbolis

17 Desember 2012 | Senin, Desember 17, 2012 WIB Last Updated 2012-12-17T12:14:17Z


Dompu, (SM).- Pemerintah Kabupaten Dompu menyerahkan secara simbolis buku rekening bank terhadap sejumlah kelompok ternak penerima bantuan sosial (Bansos)dari program PIJAR APBD II tahun 2012 Sabtu (15/12) di Kantor Dinas Peternakan Dompu. Penyerahan itu dilakukan Staf Ahli Bupati, Ir.Syarifuddin. Puluhan pengurus kelompok ternak dan para pejabat lingkup Pemda Dompu menghadiri acara penyerahan bantuan tersebut.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Dompu, Ir.Fakhruddin A Wahab, M.Si dalam sambutannya mengatakan, bantuan dana kelompok ternak sapi yang dianggarkan terdiri dari dua jenis, yakni penyelamatan sapi betina produktif (PSBP) mini yang diperoleh per satu kelompok sebesar Rp100 juta dan jenis sarjana membangun desa (SMD) mini sebesar Rp100 juta per kelompok. ‘’Ada puluhan kelompok ternak sapi penerima bantuan tahun ini dengan memperoleh anggaran masing – masing Rp100 juta per kelompok,” ujarnya.
Selain bantuan untuk kelompok ternak sapi, melalui program   PIJAR juga diberikan bantuan pada kelompok peternakan kambing, kuda dan ayam pedaging dan ayam petelur. ‘’Total anggaran untuk keseluruhan program baik bantuan kelompok ternak sapi, kuda, kambing dan ayam sebesar Rp1,8 M,” cetusnya.
Fakhruddin menambahkan, peternakan ayam  petelur memang masih dalam tahap uji coba mulai tahun ini guna memenuhi kebutuhan telur di pasaran. ‘’Daerah kita masih mengandalkan telur ayam yang dikirim dari daerah lain. Sedangkan kebutuhan masyarakat terhadap telur cukup tinggi,” tegasnya.
Disamping itu, pengusaha ternak ayam broiler yang mendapatkan bantuan  ini sudah tersedia aksesnya dengan  perusahaan yang khusus yang akan membelinya dengan harga yang ditetapkan. “Jika harga ayam di pasaran menurun, maka akan ditanggung perusahaan sehingga para peternak tidak mengalami kerugian dan jika harga ayam naik, keuntungannya akan diambil oleh perusahaan,” jelasnya.
Sementara Staf Ahli Bupati, Ir.Syarifuddin mengatakan, PIJAR merupakan program unggulan pemerintah daerah Kabupaten Dompu yang mengarah pada pengembangan  potensi local di bidang pertanian seperti  sapi, jagung dan rumput laut.
Program ini bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendorong proses percepatan pembangunan daerah, sehingga masyarakat yang tinggal di dalamnya hidup sejahtera. “Pemerintah berniat menggerakkan semua roda perekenomian masyarakat secara maksimal agar pembangunan daerah bisa berjalan berkesinambungan,” ujarnya.
Pihaknya memberikan ucapan selamat terhadap para kelompok ternak penerima bantuan yang bersumber dari proram PIJAR APBD II Dompu dan atas nama pemerintah dirinya berharap agar bantuan yang diberikan bisa dikembangkan secara maksimal, bahkan kelompok penerima agar tetap eksis dan kompak dalam mewujudkan visi dan misi kelompok. “Disamping itu pengurus kelompok bisa memperbaiki managemen administrasi dan hal lainnya supaya dapat mendukung kelancaran usaha ternak yang digeluti,” tutur pria yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu ini.
Terkait dengan bantuan ternak sapi dari program SMD, selain memberdayakan sarjana peternakan yang masih menganggur, disisi lain para sarjana – sarjana tersebut dapat menuangkan ilmu dan pengalaman yang mereka miliki untuk membantu para kelompok tani ternak dalam memberikan pembinaan sehingga kegiatan masyarakat dalam memelihara ternak berjalan sukses. (dym)

×
Berita Terbaru Update