Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Banjir Melanda Dua Kecamatan

26 Desember 2012 | Rabu, Desember 26, 2012 WIB Last Updated 2012-12-26T02:34:24Z

Banjir melanda beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Dompu dan Woja Senin (24/12).
Dompu, (SM).- Intensitas hujan yang cukup tinggi Senin (24/12) menimbulkan banjir besar melanda pemukiman warga di beberapa desa atau kelurahan pada Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja.
Banjir setinggi 1,5 meter itu mulai melanda sekitar pukul 16.00 wita dari beberapa aliran sungai diantaranya sungai Laju dan sungai Silo. Akibatnya sebagian besar rumah warga yang berada di bantaran sungai tergang air banjir bahkan diantaranya hanyut. 
Para warga yang rumahnya tergenang banjir berupaya keras mengevakuasi barang – barang perabotan mereka dari dalam rumah untuk mengantisipasi agar tidak terendam air banjir.
Tak hanya itu, akibat banjir arus transportasi di jalan Negara yang menghubungkan  Kecamatan Dompu dan Woja lumpuh total, sebab air banjir juga menggenangi ruas jalan terutama di wilayah Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja dan sekitarnya.
Terlebih lagi, sejumlah lahan  pertanian warga yang sudah ditanami padi Kelurahan Kandai Dua, Desa Wawonduru dan Desa Raba Baka  Kecamatan Woja dalam keadaan rusak rusak akibat direndam banjir.  
Diperkirakan banjir tersebut mulai surut sekitar satu jam kemudian. Warga korban bajir terutama yang rumahnya  hanyut terpaksa  tinggal di tenda penampungan dan rumah – rumah tetangganya.
Menurut data laporan sementara dari masing–masing desa/kelurahan terkait korban banjir yang diterima Dinas Sosialnakertrans bahwa ada empat kelurahan di kecamatan Dompu yang terendam banjir khususnya yang tinggal di sekitar bantaran sungai yakni Kelurahan Bali Satu, Kelurahan Bada, Kelurahan Karijawa dan Kelurahan Potu. Bahkan dalam laporan itu juga menyebutkan di Kelurahan Bali Satu dari 172 unit rumah yang tergenang banjir 6 unit rumah diantaranya roboh dan hanyut  diterjang banjir.
Sedangkan jumlah korban banjir sebanyak 52 rumah dan 2 unit rumah diantaranya dalam kondisi roboh. Karijawa sebanyak 129 unit rumah terendam banjir dan 1 unit diantaranya  roboh.   Sementara di Kelurahan Potu 52 unit rumah yang tergenang banjir. ‘’Data itu kami peroleh atas laporan dari masing – masing pihak kelurahan,’’ kata Kadis Sosialnaketrans H.Burhanuddin SH, yang ditemui Selasa (24/12).
Sementara data sementara yang masuk dari beberapa desa kelurahan di Kecamatan Woja yang terendam banjir totalnya mencapai 1.815 unit rumah. ‘’Ini baru data sementara yang akan diindentifikasi kembali oleh tim dari Pemda Dompu,’’ujarnya.
Sejauh ini pihak Pemda Dompu belum bisa memastikan jumlah kerugian yang timbul akibat musibah banjir yang melanda pemukiman warga di dua wilayah Kecamatan Dompu dan Woja itu. (dym)
×
Berita Terbaru Update