Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Siswa Demo, Proses KBM Lumpuh

22 September 2012 | Sabtu, September 22, 2012 WIB Last Updated 2012-09-27T07:15:31Z
Bima, (SM).– Buntut gelaran aksi damai oleh siswa SMAN 1 Bolo, Jum’at kemarin pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah setempat lumpuh total. Aksi demo tersebut menuntut pembayaran dana BSM dan BKMM tahun 2011 dari pihak sekolah yang diduga sudah cair.
Liputan SM, karena semua siswa ikut melakukan aksi, kegiatan KBM seperti biasanya tidak dilaksanakan. Terlihat sejumlah dewan guru hanya duduk nongkrong di lingkungan sekolah, sementara di dalam kelas yang ada hanya bangku dan kursi setelah ditinggal pergi oleh sejumlah murid untuk menyampaikan aspirasi pada pihak sekolah yang berlangsung di halaman sekolah setempat.
Ironisnya lagi, setelah ratusan siswa menyampikan aspirasinya, sebagian dari mereka melakukan konvoi keliling pada sejumlah desa yang dimulai di pintu gerbang sekolah menuju Desa Sanolo, putar kembali hingga menuju Desa Tambe. Sebagiannya lagi tetap berada dalam lingkungan sekolah, namun tidak mau masuk kelas. Sepintas terlihat sepertinya mereka mogok belajar.
Tentunya aksi konvoi dan mogok belajar siswa SMAN 1 Bolo tersebut menjadi perhatian serius dari sejumlah jajaran Muspika Kecamatan Bolo, seperti Camat Bolo, Kepala UPTD Dikpora Bolo dan juga Kapolsek Bolo yang saat itu langsung turun ke seklolah tersebut guna mengetahui persoalan yang terjadi terhadap adanya aksi para siswa.
Camat Bolo, H. Muhamaddin S.Sos yang didampingi Kepala UPTD Dikpora Saidin, S.Pd, M.Pd, Kapolsek Bolo AKP Burhanuddin dalam arahan di hadapan ratusan siswa SMAN 1 Bolo mengatakan, mengenai aspirasi yang disampikan para siswa dalam aksi tersebut pihaknya dari muspika telah melakukan klarifikasi dengan pihak sekolah.
“Hasil klarifikasinya, dana bantuan BSM dan BKMM untuk tahun ajaran 2011-2012 belum turun, pihak sekolah baru hanya sebatas mengusulkan saja”, ujarnya.
Untuk itu, pihaknya meminta pada seluruh siswa agar tidak serta merta melakukan aksi seperti yang terjadi saat ini dan ketika ada persoalan atau hal-hal yang ingin diketahui kejelasannya, diharapkan melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak sekolah.
“Jangan langsung menggelar demo seperti ini, karena dengan berdemo tidak bisa memberikan sebuah jaminan untuk menyelesaikan masalah”, pintanya.
Selain itu, camat juga meminta pada siswa agar tidak melakukan mogok belajar dan tetap mengikuti proses KBM seperti hari-hari biasa, tidak ada untungnya jika siswa mogok belajar, justru kalau siswa mogok belajar mengakibatkan kerugian bagi siswa sendiri. “Kalau mogok belajar yang rugi siswa sendiri. Saya harap pada seluruh siswa untuk tetap menjaga Keamanan dan Ketertiban wilayah Kecamatan Bolo tentap kondusif”, harapnya. (SM.11)
×
Berita Terbaru Update