Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Koordinasi, Kunci Keberhasilan Program

25 September 2012 | Selasa, September 25, 2012 WIB Last Updated 2012-09-26T05:14:42Z

Bima, (SM).- Rapat koordinasi lengkap lingkup Pemerintah Kabupaten Bima yang menghadirkan kepala SKPD, Sekretaris dan seluruh camat yang berlangsung beberapa hari lalu di Aula Kantor Bupati Bima, menghasilkan beberapa rekomendasi sebagai acuan pimpinan instansi dalam mengambil langkah-langkah strategis bagi peningkatan kinerja masing-masing SKPD.

Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H.M,Nur, M.Pd didampingi Sekda Drs, H. Masykur HMS dan seluruh asisten  yang memandu Rakor tersebut dalam tinjauannya memaparkan, koordinasi dan komunikasi yang baik merupakan kunci keberhasilan program di SKPD.Karena itu, semua kepala SKPD menyikapi  dan menindak lanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan  BPK maupun audit internal agar  mendapat penilaian yang baik.
Beberapa waktu lalu,jelasnya, dalam RAPBD-Perubahan eksekutif sudah menyampaikan jawaban kepada DPRD. Pola pembahasannya sudah mengalami perubahan karena juga dibahas  melalui tingkat komisi Dewan, artinya secara teknis, ada koodinasi dengan instansi teknis.
Agar realisasi APBD Perubahan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir tepat sasaran,ujarnya, pemerintah akan memilah sesuai prioritas di APBD perubahan, jadi sikapi perubahan tersebut dengan memahami aturan seperti keppres dan aturan pendukung lainnya.
Wabub kembali mengingatkan para kepala SKPD. "Waktu untuk memenuhi pendapatan dan penerimaan tinggal 3 bulan, tolong gerakkan dan  penuhi target PAD masing-masing SKPD.
Rakor diisi pemaparan para asisten Setda sesuai bidang masing-masing. Asisten Perekomomian dan Pembangunan (Asisten II) Drs. H.M. Taufikn HAK, M.Si dalam pemaparannya mengungkapkan, evaluasi pelaksanaan pembangunan merupakan tahapan penting yang harus dilakukan. Untuk itu katanya, perlu dijabarkan  dengan baik tahapan kegiatan/proyek yang sedang dan akan direalisasikan, Jangan  sampai ada nasalah di kemudian hari.
Harapnya, agar proses perencanaan dan realisasi anggaran, pengawasan  dalam pembahan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) harus dihadiri pejabat kunci di masing-masing SKPD yang bertanggung jawab atas penggunaan anggaran.
Selanjutnya Asisten Administrasi Umum (asisten III) Setda H. Makruf, SE dalam pemaparannya menyatakan, diperkirakan setidaknya akan ada penambahan Rp.25 milyar penerimaan dalam triwulan terakhir. Mengingat struktur APBD akan dipengaruhi penerimaan, maka Kepala SKPD terkait diharapkan memacu penerimaan PAD agar lebih optimal.
SKPD yang capaiannya 40 persen, himbaunya, harus menggenjot pencapaian target penerimaan agar target Rp. 62 milyar PAD . Kita bekerja keras agar hingga akhir tahun 2012, artinya pemasukan PAD tiap SKPD diharapkan  mencapai 30% dalam sisa 3 bulan terakhir. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update