Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Stok Jamkesmas Layani Korban Kebakaran

16 Agustus 2012 | Kamis, Agustus 16, 2012 WIB Last Updated 2012-08-15T23:00:00Z


Bima, (SM).- Korban kebakaran pick-up pengangkut BBM yang terbakar di Talabiu hingga kemarin masih dirawat di RSUD Bima. Mereka rata-rata menggunakan obat persediaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).   

Kepala Bidang Pengembangan SDM RSUD Bima, Suryansyah yang dikonfirmasi mengatakan, obat yang dipergunakan sementara ini untuk kebutuhan para korban kebakaran menggunakan stok Jamkesmas pada RSUD Bima.
Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari pimpinan. Nantinya pihak manajemen RSUD Bima akan mengklaim semua penggunaan obat para korban kebakaran tersebut pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima.
Hari pertama dan kedua masuk di RSUD Bima, para korban harus membeli pribadi sebagian obat yang diresepkan dokter. Belakangan, Pemerintah telah mengganti uang korban sesuai dengan harga pembelian obat.
Setelah diklaim, lanjutnya, pihak manajemen RSUD Bima akan menggantikan secara utuh semua jenis obat yang dipergunakan bagi para korban kebakaran tersebut pada pihak pengelola instalasi Jamkesmas RSUD Bima.
“Obat bagi pasien Jamkesmas tersebut diadakan sesuai kebutuhan melalui perencanaan yang matang. Jadi, untuk sementara ini statusnya hanya dipinjam saja dan nanti akan diadakan ulang,” paparnya.
Serupa saat penanganan korban kerusuhan penolakan tambang di Kecamatan Sape beberapa waktu lalu. Kata dia, semua biaya medis para korban ditanggung pemerintah dengan sistem meminjam stok obat Jamkesmas.
Selain stok Jamkesmas, ujarnya, para korban kerusuhan tersebut juga menggunakan persediaan obat dari instalasi Askes, apotik umum dan Jamkesda NTB. “Semua penggunaannya diklaim ke Pemerintah,” tuturnya.
Untuk penggunaan obat korban kerusuhan pada instalasi Jamkesmas, kata dia, telah dibayar secara tunai sesuai jumlah obat yang dipakai. “Saat itu tidak semua obat Jamkesmas yang dipakai, tapi ada juga obat instalasi lain,” ucapnya. (SM.06)

×
Berita Terbaru Update