Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Proyek Sekolah, Oknum Kasek Kerja Sendiri?

29 Agustus 2012 | Rabu, Agustus 29, 2012 WIB Last Updated 2012-08-29T13:54:31Z

Bima, (SM).- Pelaksanaan proyek di sekolah-sekolah kerap kali menuai persoalan, kali ini pembangunan dua lokal Ruang Kelas Baru (RKB) di SDN 05 Sila Kecamatan Bolo yang bersumber dari APBN.

Pekerjaan proyek tahun anggaran 2012 senilai Rp207 juta tersebut diduga dilaksanakan sepihak oleh oknum Kepala Sekolah (Kasek) setempat Siti Asmah alias dikerjakan secara monoton tanpa libatkan komite sekolah.

“Kita, sebagai anggota maupun pengurus komite sekolah tidak tahu menahu adanya proyek itu. Karena kita tidak pernah dikasi tahu oleh Kepala Sekolah,” aku Wakil Ketua Komite SDN 05 Sila, H Abdurrahman.
Mantan anggota DPRD Kabupaten Bima itu, tidak diberitahu oleh Kasek setempat kaitan proses pelaksanaan pembangunan dua RKB tersebut. “Tentunya kami tidak tahu dari mana dan berapa nilai proyek itu,” tukasnya.
Komite pun tidak mengetahui persis sudah sejauh mana perkembangan fisik dan administrasi proyek itu. “Sudah sejauh mana tahap pelaksanaan, kita tidak tahu. Hanya Kepala sendiri yang tahu,” ungkapnya.
Ia menilai Kepala Sekolah setempat tidak terbuka serta transparan pada komite seluk beluk proyek dimaksud. “Patut kami pertanyakan ada apa dan kenapa Kepala Sekolah tidak mau transparan,” herannya.
Sikap tertutupnya oknum Kasek setempat memicu ansumsi spekulasi anggota maupun pengurus Komite sekolah setempat terhadap kinerja maupun kapabalitas kepribadian Kasek. “Kalau tertutup seperti ini, animo miring akan muncul,” ujarnya.
Mestinya, sebagai mitra Sekolah Komite minimal diberitahu oleh pihak Sekolah bilamana ada anggaran yang turun di Sekolah supaya pelaksanaan dan penggunaannya bisa dikontrol dan diketahui bersama.
“Jangan tutupi seperti itu, supaya tidak menimbulkan persepsi yang bukan-bukan dari kita selaku anggota dan pengurus Komite. Seharusnya jika ada anggaran yang turun minimal Kepala Sekolah informasikan pada komite,” sesalnya.
Atas nama anggota dan pengurus Komite Sekolah, Ia meminta pada pribadi Kasek SDN 05 Sila agar terbuka dan transparan dalam berbagai hal, termasuk dalam pelaksanaan pembangunan dua lokal RKB itu.
“Demi terwujudnya sekolah yang lebih maju dan bermutu, jangan dikelola sendiri berbagai anggaran yang diperuntukan bagi Sekolah. Seluruh elemen di Sekolah harus dilibatkan,” pintanya.
Kasek SDN 05 Sila Siti Asmah yang dikonfirmasi terkait dugaan dilaksanakan secara monoton atas pekerjaan proyek 2 lokal RKB tanpa melibatkan dan memberitahu anggota dan pengurus Komite Sekolah, menepis tudinganitu.
“Itu tidak benar adanya. Karena pelaksanaan pembangunan dua lokal RKB tersebut, selaku Kepala Sekolah melibatkan seluruh unsur Sekolah, bahkan panitia dibentuk ada Komite Sekolah yang dilibatkan,” tepisnya. (SM 11)
×
Berita Terbaru Update