Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dislutkan Bagikan 70 Paket Sarana dan Bibit Rumput Laut

28 Agustus 2012 | Selasa, Agustus 28, 2012 WIB Last Updated 2012-08-28T04:38:09Z

Dompu, (SM).- Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Dompu  gencar dalam membedayakan para petani rumput laut melalui berbagai jenis bantuan, diantaranya  berupa sarana dan bibit rumput laut, agar produksi rumput laut mencapai hasil yang maksimal.

Kepala Bidang Budidaya Dislutkan Dompu Ir.Wahiddin yang dihubungi, Senin (27/8) mengatakan, sebanyak 70 paket bantuan sarana dan bibit rumput laut tahun 2012 ini yang dibagikan kepada para petani rumput laut, baik yang bersumber dari dana program PIJAR APBD II tahun 2012 sebesar Rp385 juta dan bersumber dari DAK tahun 2012 sebesar Rp422 juta. “Untuk jenis sarana yang diberikan berupa tali induk, tali sarang dan plampung dan bibit rumput laut”, katanya.
Tambahnya, bantuan sarana budidaya rumput laut yang bersumber dari PIJAR telah dibagikan kepada 65 kelompok tani yang memelihara rumput laut sepanjang pantai Desa Nanga Tumpu sampai Desa Lara Kecamatan Manggelewa dengan luas lahan pengembangan mencapai 60 hektar. “Yang membagikan bantuan itu adalah Bupati Dompu beberapa waktu lalu”, terangnya.
Sedangkan paket bantuan yang bersumber dari DAK akan dibagikan pada 5 kelompok dengan rincian 1 kelompok di Kecamatan Kempo dan 4 Kelompok pada Kecamatan Pekat. Rencana penyaluran paket bantuan akan dilakukan Bupati Dompu sepulangnya dari perjalanan dinas di luar daerah. “Luas lahan pengembangan di Kempo 70 hektar dan di Pekat 10 hektar. Kami akan gelar kegiatan pembagian bantuan secara simbolis setelah Bupati balik dari luar daerah”, ujarnya.
Lebih jauh mantan Kabid Ekonomi pada Bappeda Dompu menyatakan, total keseluruhan lahan yang ditanami rumput laut pada tahun 2012 ini mencapai 500 hektar dengan asumsi produksi rumput laut kering per hektarnya mencapai 10 ton atau totalnya  mencapai 5000 ton. Dirinya merasa optimis akan mampu mencapai target itu, karena kondisi cuaca dan air laut yang membaik saat ini sangat mendukung keberhasilan petani dalam meningkatkan produksi rumput laut. “Yang jadi kendala petani rumput laut hanya pada saat musim hujan. Kalau di musim kemarau seperti ini, keadaan rumput laut cukup bagus”, terangnya. (SM.15) 
×
Berita Terbaru Update