Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Walikota Terima PPL I Muda Praja IPDN

26 Juli 2012 | Kamis, Juli 26, 2012 WIB Last Updated 2012-07-31T03:12:59Z

Kota Bima, (SM).- Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin menerima peserta praktek lapangan I muda Praja IPDN tahun ajaran 2011/2012, Selasa (25/07), di halaman Kantor Walikota Bima. Dalam apel penerimaan tersebut dihadiri pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Dinas/Badan/Kantor beserta Camat dan lurah Lingkup  Pemerintah Kota Bima.

Penyelenggaraan Praktek lapangan I Muda Praja IPDN merupakan wujud implementasi tridharma perguruan tinggi, khususnya dharma pengabdian keda masyarakat. Hal ini ditujukan agar setiap Muda Praja mengetahui, mengenal dan membantu berbagai aktivitas kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta mengetahui kondisi obyektif penyelenggaraan pemerintahan di lokasi praktek sekaligus pendalaman materi yang telah diperoleh dalam perkuliahan. Selain itu diharapkan kepada Praja muda setelah pelaksanaan praktek ini dapat memiliki kemampuan dan keterampilan teknis dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan.
Dalam sambutannya Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin menekankan pentingnya tanggung jawab moral kepada bangsa dan Negara dalam upaya bersama mewujudkan kemandirian otonomi bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, hal itu juga sejalan dengan begitu banyaknya daerah otonom yang telah dibentuk baik di tingkat provinsi apalagi kabupaten  dan kota tentunya membutuhkan kader-kader pemerintahan yang tangguh bukan hanya dari sisi kualitasnya tapi juga dari sisi kuantitasnya.
Berbagai peluang dan kesempatan dapat didapat oleh praja untuk mengaktualisasikan ilmu dan pengetahuan pemerintahan yang telah digelutinya selama kuliah di IPDN. Oleh karena itu dibutuhkan aktivitas dan kegiatan nyata dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat pada daerah tempat para praja nantinya ditempatkan.
Dijelaskannya, Kota Bima tidak hanya akan dikondisikan menjadi Kota Pendidikan, namun untuk ke depannya Kota Bima akan dicanangkan menjadi Kota Transit Perdagangan utama untuk pulau Sumbawa. Selain itu, dalam waktu dekat ini Pemerintah juga akan membuat kesepakatan dengan pemerintah pusat agar Kota Bima dapat dijadikan Pusat Pemotongan Daging untuk wilatah Nusa Tenggara Barat.
Walikota Bima berpesan, para praja IPDN menjalani pendidikan dengan ikhlas, jaga nama baik pemerintahan daerah masing-masing, orang tua dan diri sendiri. “Persiapkan diri untuk menghadapi birokrasi nyata nantinya, semoga IPDN dapat terus mencetak Kader Pimpinan pemerintahan yang memiliki kompetensi untuk mengemban misi pemerintahan secara menyeluruh, tunjukkan bahwa lulusan IPDN berkualitas”, harapnya.
Dalam laporan penyelenggaraan praktek lapangan I Muda Praja yang disampaikan  Wakil Rektor IPDN Regional NTB, Ibu diah melaporkan pelaksanaan praktek ini akan diadakan selama 2 minggu mulai tanggal 25 Juli hingga 7 Agustus 2012. Sementara  jumlah personil praktek kerja lapangan I Muda Praja sebanyak 149 orang yang terdiri dari 111 orang putra dan 38 orang putri dengan anggota tetap sebanyak 26 orang. Lokasi Praktek akan di pusatkan pada 2 kecamatn di wilayah Kota Bima yaitu Kecamatan asakota (Kel. Jatibaru, Kel. Jatiwangi, Kel Melayu) dan kecamatan Mpunda (Kel. Monggonao, Kel. Sadia, Kel Penatoi, Kel Manggemaci, Kel Panggi,, Kel sambinae dan Kel. Santi).  (SM.04)

×
Berita Terbaru Update