Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sumber Air Gua Ringi Ncanga Segera Disemburkan

05 Juli 2012 | Kamis, Juli 05, 2012 WIB Last Updated 2012-07-05T09:35:36Z
Kota Bima, (SM).- Potensi sumber air yang melimpah dengan debit cukup tinggi meski pada musim kering di Gua Ringi Ncanga Kadole Kelurahan Oi Fo’o Kecamatan Rasanae Timur segera disemburkan untuk pemanfaatan berbagai kebutuhan masyarakat.
Usaha mengeluarkan air dari gua vertikal dengan kedalaman tidak kurang dari 15 meter dan secara horizontal berbentuk aliran sungai bawah tanah yang bercabang disertai kubangan besar serupa bendungan itu, dipimpin langsung Walikota Bima, H Qurais H Abidin bersama sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, termasuk Manager PT PLN Cabang Bima, Rabu kemarin.
Di sela melihat langsung usaha mengeluarkan air yang ada di gua potensial itu, Walikota mengaku, sesungguhnya telah melihat dan memantau kondisi Gua Ringi Ncanga yang memiliki debit air berlimpah, sejak dua tahun lalu. Hanya saja diakuinya, saat kunjungan awal tersebut, SKPD terkait, kurang tanggap untuk memcarikan alternatif dan solusi cerdas untuk memanfatkan dan memberdayakan harta karun yang ada untuk kesejahteraan masyarakat.
Dengan kondisi Kota Bima yang tergolong daerah dengan curah hujan kurang, hingga berakibat pada kekurangan air utama sekali pada musim kering sekarang ini, keberadaan sejumlah sumber mata air termasuk di Gua Ringi Ncanga, sangatlah bermanfaat dijadikan alternative kebutuhan akan air.
Atas dasar itulah, kata Qurais, dengan tidak menunggu terlalu lama untuk mengeluarkan sumber air yang berlimpah di gua tersebut. Jika pada usaha yang tengah dilakukan dengan dibantu pula organisasi Pencita Alam Bima, air bisa menyembul ke permukaan, maka kendala yang dirasakan petani di sekitar wilayah Gua Ringi Ncanga utamanya, dapat teratasi. “Saya tidak akan pulang (nginap) sampai air bisa diangkat ke permukaan”, ujarnya.
Tidak itu saja, pada saatnya nanti, sumber air yang ada tersebut, akan dimanfaatkan dan akan dialirkan menuju perkampungan baru di Oi Fo’O. Soal bagaimana caranya, secara teknis akan dipikirkan dan segera diaplikasikan. Tidak menutup kemungkina pula, sumber air yang ada akan dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat di wilayah lain, semisal Rontu, Rabadompu dan lainnya.
Sumber mata air gua Ringi Ncanga, katanya, menjadi perbendaharaan lain dari sejumlah sumber mata air yang akan dikelola. Seperti sumber mata air yang ada di Lelamase yang begitu berlimpah pula, pada saatnya nanti menjadi lokasi produk air untuk wilayah Kota Bima. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update