Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

# Suara DPRD Dompu

26 Juli 2012 | Kamis, Juli 26, 2012 WIB Last Updated 2012-07-31T03:10:21Z

Kunker, Anggota DPRD Kunjungi Empat Desa
Dompu, (SM).- Musim Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Dompu tengah berlangsung di delapan kecamatan, sesuai dengan daerah pemilihan (Dapil) atau asal 30 orang anggota dewan.
Kali ini Abdul S.Kel duta PKS daerah  pemilhan 1 yakni Dompu, Kecamatan Pajo dan Hu’u. Dia menceritakan tentang perjalanan resesnya di beberapa Desa selama beberapa hari terakhir.

Katanya reses dia mulai di Desa Tembalae, Kecamatan Pajo. Desa ini baru beberapa tahun memekarkan diri dari Desa Ranggo. Dalam kunjungannya itu, wakil rakyat terhormat ini mendapat sambutan yang meriah dan istimewa dari para warga setempat.
Para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, menggelar acara penyampaikan aspirasi terkait beberapa persoalan penting di desa baik yang menyangkut infrastruktur maupun pembangunan sosial budaya lainnya. Bidang fisik yang mereka usulkan seperti  pengaspalan jalan ekonomi di dusun  - dusun, perbaikan saluran got di dalam lingkungan. Lanjut dia, bidang pertanian warga meminta kepada pemerintah untuk memperbaiki harga jagung, sebab antusias warga menanam jagung sangat tinggi. Kalau harga jagung masih rendah, maka bukan hal yang tidak mungkin jika warga akan pesimis untuk meneruskan penanaman jagung. Terlebih lagi, warga setempat mendesak dinas terkait untuk mengoptimalkan peran petugas penyuluh lapangan (PPL) dalam melayani masyarakat petani sehingga memiliki pengatahuan dalam bidang pertanian. Jika begitu, hasil pertanian akan meningkat dan masyarakat akan hidup sejahtera.
Selepas itu, Abdullah ke Desa Nanga Doro, Kecamatan Hu’u, guna menyerap aspirasi warga disana. Masyarakat Nanga Doro, mengeluhkan padanya tentang kesulitan air bersih yang mereka hadapi selama dua tahun terakhir. Kata warga, untuk mandi dan cuci saja mereka harus irit, apalagi air untuk kegiatan perbidatan di masjid, mereka terpaksa membawa air menggunakan jirigen atau ember. Air diambil dari tempat yang cukup jauh. ‘’Mereka meminta perhatian pemerintah memperbaiki kembali sarana air bersih di desa setempat. Disamping itu warga juga meminta pemerintah agar membangunkan embung atau sarana irigasi untuk mengairi sawah mereka melalui APBD Perubahan ini,’’terangnya.
Sedangkan di Desa Adu Kecamatan Hu’u dirinya mendatangi kelompok ternak sapi yang mendapatkan bantuan  dari program sarjana membangun desa (SMD) tahun 2012 ini. Abdullah memberikan ucapan selamat kepada pengurus dan anggota kelompok atas keberhasilan mereka dalam menyakinkan pemerintah pusat dan provinsi terkait keseriusannya dalam mengembangkan ternak sapi. Dirinya berharap bantuan ini manfaatkan sebaik – baiknya untuk membantu peningkatan ekonomi keluarga.
Terakhir di kunjungi adalah Desa Dore  Bara, kecamatan Dompu. Warga setempat meminta  pembebasan  tanah kuburan sebab selama ini warga harus meliwati beberapa dusun untuk menguburkan orang meninggal. Karenanya mereka meminta lahan sendiri untuk mendekatkan kuburan dimaksud. Katanya seluruh aspirasi warga ini akan dibuatkan dalam resume  untuk disampaikan kepada lembaga DPRD maupun instansi terkait supaya bisa ditindaklanjuti. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update