Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

SMPN 1 Woha Gelar Pesantren Kilat

30 Juli 2012 | Senin, Juli 30, 2012 WIB Last Updated 2012-07-31T03:51:00Z

Bima. (SM).- Selama 10 hari di bulan Ramadhan, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Woha menyelenggarakan kegiatan Pesantren Kilat. Kegiatan Pesantren Kilat yang diikuti seluruh siswa.
Kepala SMPN 1 Woha, Abdullah. SP.d menjelaskan, selama bulan ramadhan kegiatan belajar mengajar berkurang. Walaupun demikian, akan diisi dengan kegiatan Imtaq yang dimulai pukul 7.30 hingga pukul 11.00 Wita “Dalam mensukseskan program Bupati Bima, Imtaq merupakan kalander wajib dilaksanakan setiap Jum’at sebelum memasuki ruang kelas. Kegiatan itu, menghabiskan waktu sekitar 30 menit,” terang Abdullah, Sabtu (28/7) di sekolah setempat.

Dalam mengisi bulan yang penuh rahmat ini, lanjutnya, sejak 25 Juli pihaknya dilaksanakan pesantren kilat. Pada kegiatan pesantren itu materi yang diajarkan meliputi, Keimanan, Ibadah, Al-Qur’an, Akhlak, Muamalah/Syariah, Tarikh dan tambahan. Sehingga digelarnya pesantren kilat tidak lain hanya untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan siswa tentang ajaran islam sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Selain itu juga dimaksudkan adalah untuk mengisi waktu libur  sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat, memperdalam memantapan dan peningkatan penghayatan ajaran agama islam di kalangan pelajar SMPN 1 Woha. “Pada akhirnya setelah mengikuti pesantren kilat ini di harapkan mampu menerapkan dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam al qur’an,” jelas Abdullah.
Pada pesantren kilat juga, akan di gelar Lomba seperti Lomba ceramah, cerdas cermat, MTQ, azan, dan sholat jenajah. Untuk lomba azan dan sholat jenajah sudah selesai, dan untuk mata lomba MTQ dan cerdas cermat akan mulai di laksanakan pada Selasa (31/7, besok. Red).
Kegiatan Pesantren Kilat, sudah menjadi kalender tetap sekolah itu setiap tahun. Sehingga pada momen sekarang kegiatannya mengambil tema dengan Hikmah Ramadhan kita  bentuk Karakter generasi muda yang Islam. Para juara, akan di sediakan hadiah dan piagam. Bahkan sekolah akan mengikutsertakan pada setiap lomba yang lebih tinggi seperti lomba di tingkat Kabupaten. “Saya melihat ataupun menilai kemampuan para siswa untuk berceramah cukup baik, siswa-siswinya memiliki potensi. Yach tinggal para guru pembimbingnya melakukan binaan secara kontinyu,” tandas Mantan Kasek SMPN 2 Monta. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update