Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polisi Amankan Ratusan Petasan

25 Juli 2012 | Rabu, Juli 25, 2012 WIB Last Updated 2012-07-31T03:01:26Z

Kota Bima, (SM).- Jajaran Kepolisian Sektor Rasanae Barat mengamankan ratusan petasan berbagai jenis di sejumlah kelurahan. Petasan tersebut, disita dari tangan pembeli dan penjual serta pemakai yang berkeliaran di jalanan.

Kapolsek Rasanae Barat, IPTU Nurdin di hadapan sejumlah pekerja media Selasa kemarin mengatakan, ratusan petasan berbagai jenis itu paling banyak diamankan di Kelurahan Lewirato. Di tangan penjualnya, polisi menyita semua jenis petasan, baik yang berukuran kecil, sedang hingga yang berukuran besar. “Di sana memang setiap tahun kami amankan petasan yang diperjual belikan,” ujarnya.
Tidak hanya di kelurahan tersebut, pihaknya juga mengamankan petasan di tangan pelaku yang membawa serta di kantung celana dan siap dinyalakan di berbagai tempat. Untuk jenis itu, polisi banyak mengamankannya di sekitar Amahami, saat malam hari. “Selain Amahami, kami juga mengamankan di sejumlah jalan lain. Biasanya saat petasan berbunyi, di kantong celana mereka pasti ditemukan lima sampai enam petasan yang tersisa,” katanya.
Waktu yang paling rawan dengan ledakan petasan, kata Nurdin, pada saat jelang dan setelah sholat tarawih, kemudian pada saat subuh hari. Di waktu itu, untuk memastikan kondisi masjid dan jalanan tetap tenang tanpa ledakan petasan, pihaknya menempatkan sejumlah personil untuk pengamanan.
“Jika ada yang ditangkap, baik penjual maupun pengguna. Biasanya kami bawa ke Polsek untuk membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi,” terangnya.
Nurdin mengaku, razia petasan tetap dilaksanakan selama Ramadhan, dengan tujuan menciptakan suasana tenang dan damai bagi warga yang menjalankan ibadah puasa. “Untuk itu saya imbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak lagi beli dan menyalakan petasan. Jika hal itu tetap saja ada, sama halnya tidak memberikan rasa aman dan nyaman bagi yang lain menjalankan ibadah puasa,” ungkapnya. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update