Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polhut Dompu, Tak Miliki Ruangan Kerja

31 Juli 2012 | Selasa, Juli 31, 2012 WIB Last Updated 2012-07-31T04:10:31Z

Dompu, (SM).- Aneh tapi nyata, sampai saat ini 21 orang tenaga Polisi Kehutanan (Polhut) Kabupaten Dompu, identik diterlantarkan di kantor sendiri (Dishut), karena tak memiliki ruangan kerja khusus.
Fakta ini cukup mencengangkan karena di zaman sekarang, keberadaan mereka masih kurang mendapat perhatian yang sama seperti aparatur PNS lainnya.  

H.Abidin S.Sos, salah seorang anggota Polhut senior belum lama ini mengatakan, sudah puluhan tahun dirinya diangkat sebagai anggota Polhut Dompu belum pernah mendapat ruang kerja di kantor Dinas Kehutanan (Dishut) Dompu. Kita 21 orang anggota belum punya ruangan kerja sendiri. Padahal kami minta hanya 1 ruangan saja, terangnya.
Kata Abidin, ada banyak suka dan duka yang dilalui Polhut Dompu. Ketika masuk kantor, mereka terpaksa menumpang duduk di ruangan staf bidang pengawasan  kehutanan, bahkan duduk di pojok – pojok halaman kantor. Karena ndak ada ruangan sendiri, ya terpaksa kami menumpang di ruangan staf bidang pengawasan,katanya.
Penyidik PPNS Polhut ini menambahkan, yang lebih menyedikan, ketika dia dan rekannya melakukan pemeriksaan terhadap pelaku ilegal loging, peladangan liar dan pembalakan hutan lainnya, ia terpaksa menumpang ruangan yang kosong.
Kemudian lanjutnya, berkas hasil pemeriksaan pun harus dibawa pulang ke rumah untuk menjaga kerahasiaan dan keamanannya, sebab pihaknya tak memiliki berangkas atau lemari yang disiapkan khusus untuk menyimpan barang demikian.
Kalau periksa pelaku, kami harus numpang ruangan yang ada. Sedangkan dokumen hasil pemeriksaan dibawa pulang. Itu – itu saja yang kami lakukan dari dulu sampai sekarang, ujar pahlawan pelestarian hutan tersebut.
Apakah Bapak pernah mengusulkan ruangan kerja untuk Polhut? Abidin mengaku, sudah sering kali  ia dan rekan – rekannya mengusulkan hal itu kepada setiap kepala dinas yang pernah memimpin instansi tersebut. Namun hanya jawaban manis tanpa hasil yang selalu mereka dapatkan. Sudah capek saya meminta ruangan kerja buat Polhut. Tapi belum juga nampak hasilnya,terangnya.
Kendati sering dikecewakan, namun Abidin masih tegar dan tetap bersemangat untuk meminta perhatian pemerintah terhadap ketersediaan sarana penunjang kerja. Saya berharap realisasikan permintaan kami itu. Kamikan PNS RI juga yang membutuhkan perhatian yang sama dalam menunjang tupoksi kami dalam mengawasi hutan, tandasnya.   
Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Dompu Drs.Burhanuddin yang hendak dikonfirmasi hingga berita ini diturunkan tidak berhasil ditemui. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update