Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PLN Siap Bantu Jaringan Listrik Sumber Air Gua Ringi Ncanga

05 Juli 2012 | Kamis, Juli 05, 2012 WIB Last Updated 2012-07-05T09:35:10Z
Kota Bima, (SM).- PT PLN Cabang Bima siap membantu Pemkot Bima menyediakan listrik Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan Jaringan Tegangan Menengah (JTM), untuk ketersediaan mengangkat air yang ada di Gua Ringi Ncanga Kadole Kelurahan Oi Fo’O Kecamatan Rasanae Timur.
Kepastian itu disampaikan langsung Manager PLN setempat, Parulian Noviandri, Rabu kemarin saat meninjau langsung kondisi gua Ringi Ncanga Kadole bersama Walikota Bima dan rombongan SKPD terkait.
Di tengah usaha awal mengeluarkan air di lokasi tersebut, Parulian mengaku akan mengasup listrik di sekitar lokasi untuk pemanfaatan mengangkat air yang mesti dengan kekuatan mesin pembangkit. “Asalkan air bisa diangkat dan memiliki debit yang intens sesuai kebutuhaan perhari, maka PLN memastikan segera membangun dan memasang jaringan baru sekitar lokasi”, katanya.
Sekarang saja, katanya, tengah melihat dan menyocokan lokasi JTR-JTM mana yang dekat dan memudahkan untuk disambungkan menuju lokasi gua Ringi Ncanga. Jaringan terdekat itulah nantinya yang akan disambungkan sesegera mungkin setelah dipastikan sumber air yang ada di gua tersebut, memungkinkan untuk dimanfaatkan dan memenuhi hajat kebutuhan masyarakat.
Secara terpisah, Walikota yang juga ada di lokasi yang ikut memantau langsung usaha mengeluarkan air dari gua tersebut, menjelaskan, PLN memang akan digandeng Pemkot Bima dalam mempersiapkan jaringan listrik untuk mempermudah mengangkat air dari kedalam gua fertikal dan horizontal yang membentuk sejumlah sungai bawah tanah disertai kubangan mirip bendungan tersebut.
Dibanding menggunakan mesin dengan pembangkit bahan bakar, jelas Walikota, akan lebih baik menggunakan tegangan listrik menghidupkan mesin pembangkit air dari gua bawah tanah tersebut. Artinya, biaya operasional yang dikeluarkan untuk menyuplay air dari bawah tersebut, bisa dihemat. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update