Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KB-TK Yaa Bunayya Gelar Berbagai Agenda Ramadhan

30 Juli 2012 | Senin, Juli 30, 2012 WIB Last Updated 2012-08-01T09:35:26Z
Kota Bima, (SM).- Mengisi bulan Ramadhan tahun 2012 ini, Kelompok Bermain (KB) / Play Group - Taman Kanak-kanak (TK) Yaa Bunayya Kota Bima melaksanakan berbagai macam kegiatan Ramadhan sejak dimulainya bulan puasa, beberapa waktu lalu. Saat ini, dilaksanakan buka puasa bersama dengan orang tua murid dan keluarga besar KB-TK Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim, Sabtu (28/7).
Kepala Sekolah KB-TK Yaa Bunayya, Sri Asmiati, S.Pd.I yang ditemui Suara Mandiri di sela-sela kegiatan, Sabtu kemarin mengatakan, setelah kita awali dengan Tarhib Ramadhan sebelum memasuki bulan puasa, untuk mengisi dan memaksimalkan keberkahan Ramadhan pada diri, keluarga dan lingkungan, pihaknya menyiapkan agenda Ramadhan yang sangat dianjurkan pada bapak dan ibu wali murid untuk berpartisipasi di dalamnya.
Marhaban yaa Ramadhan, bulan agung yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan, bulan suci yang selalu dinantikan kehadirannya oleh umat Islam karena di dalamnya tersedia berbagai peluang untuk meningkatkan Iman dan ketakwaan. “Sungguh sayang apa bila kita lewatkan Ramadhan ini begitu saja, sementara janji Allah dan pahalaNya demikian nyata dan berlipat ganda”, ungkapnya.
Kata dia, agenda Ramadhan yang dilaksanakan pihaknya yakni Pondok Ramadhan, buka puasa bersama, Infaq Ramadhan, Bazar Cilik, serta penerimaan dan penyaluran Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) pada yang berhak menerima.
Dijelaskannya, Pondok Ramadhan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli sampai 4 Agustus 2012. Tujuannya, pengenalan ibadah puasa pada siswa-siswi yang diisi dengan shalat duha, mengaji, dan beberapa variasi dalam pelajaran yang bertujuan untuk memotivasi anak.
Untuk agenda buka puasa bersama yang dilaksankan saat ini, disamping pembelajaran anak, dikondisikan juga sebagai ladang amal atau meraih pahala keutamaan memberi buka puasa. “Para murid dan orang tua murid boleh bawa ta’jil berupa sesuatu, serta bisa mengajak tetangga atau keluarga yang yatim/ kurang mampu dalam acara Sabtu 28 Juli 2012 (kemarin, red)”, urainya.
Sementara Infaq Ramadhan, merupakan program infaq harian khusus anak-anak selama Ramadhan. Hasil dari infaq tersebut akan dihitung bersama dan disalurkan pada akhir kegiatan Ramadhan.
Lalu, mengenai agenda Bazar Cilik dan pembagian buku kegiatan ramadhan dilaksanakan pada hari sabtu 4 Agustus 2012. Bazar Cilik ini bertujuan memberi kesempatan pada anak-anak untuk belajar peran dan mengembangkan kepercayaan diri serta jiwa wira usaha dengan praktek jual beli secara nyata. Diajurkan barang dagangannya yang menarik minat dan terjangkau, serta anak-anak mudah melakukan penghitungannya dengan harga paling murah.
“Agenda pembagian buku kegiatan Ramadhannya adalah sebagai pendampingan bagi anak-anak di rumah selama liburan”, jelasnya.
Sedangkan kegiatan penerimaan dan penyaluran ZIS sebagai pembelajaran agar anak-anak bisa mengetahui kewajibannya dalam membayar zakat, serta saling berbagi kepada saudara yang kurang mampu.
“Semoga partisipasi yang disisihkan dari rezeki yang Allah amanahkan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah swt, dan menjadi amal yang memberatkan timbangan kebaikan bapakdan ibu di akhirat kelak”, harapnya. (SM.02)
×
Berita Terbaru Update