Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

IAKMI Gelar Bhakti Sosial di Penapali

05 Juli 2012 | Kamis, Juli 05, 2012 WIB Last Updated 2012-07-05T09:33:37Z
Bima, (SM).- Sambut HUT ke 372 Kabupaten Bima, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Kabupaten Bima menggelar bhakti sosial di Desa Penapali Kecamatan Woha, Rabu (4/7).
Ketua Umum IAKMI, Muhammad Ali, SKM, M.Kes menjelaskan, kegiatan bhakti sosial yang dilakukan anggota dan pengurus IAKMI melibatkan seluruh anggota yang didukung tenaga medis dan dokter di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Woha.
Kegiatan bhakti sosial ini merupakan yang pertama kali dilakukan sejak IAKMI terbentuk. Tapi kegiatan yang sama sudah dilaksanakan sewaktu organisasi itu bernama Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi). “Waktu bernama Persakmi sering melakukan bhakti sosial, namun kini sudah berubah nama dan anggotanya tetap para sarjana SKM”, ujar Ali.
Kata dia, bhakti sosial di Desa Penapali itu berupa pengobatan missal, penyuluhan kesehatan dan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), GAKI atau Gangguan Akibat Kekurangan Iodium. Sasaran kegiatan meliputi para ibu hamil, orang tua lanjut usia dan anak-anak.
Pada baksos sekarang, obat-obatan tersedia dari dukungan anggota dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. “Kegiatan pengobatan massal ini, dibuka Kades Penapali. Alhamndulillah respon masyarakat cukup luar biasa, sasaran yang datang bisa mencapai di atas seratus orang”, papar Ali yang diamini Lukman, SKM.
Lanjutnya, dijadikan Penapali sebagai lokasi bhakti sosial karena berdasarkan data, desa itu masih sangat dibawah standar menyangkut kondisi kesehatan lingkungan. Di samping itu, agar desa tersebut juga mampu meningkatkan derajat kesehatan agar mampu mengimbangi desa lainnya. Juga menyiapkan desa Penapali sebagai Pusat Ibukota Kabupaten.
Sedangkan tujuan bhakti sosial, terangnya, sebagai sarana silaturahmi anggota IAKMI dengan masyarakat, sesama anggota dan pengurus. Juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat guna implementasi profesi dalam upaya membantu program pemerintah daerah guna mempercepat proses peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Kami datang guna mendorong peningkatan kesadaran masyarakat Penapali sehingga terbangun kesadarannya akan hidup sehat”, ujar Ali. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update