Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Harga Bawang Anjlok, Petani Meradang

30 Juli 2012 | Senin, Juli 30, 2012 WIB Last Updated 2012-07-31T03:54:12Z

Bima, (SM).- Harga jual bawang merah di pasaran saat ini, sangat anjlok dan tak sebanding dengan modal yang dikeluarkan petani saat menanam. Kondisi demikian, membuat petani mengeluh.

Petani bawang merah, Lukman mengaku, harga jual bawang saat ini perkuintal sebesar Rp400 ribu. Harga tersebut sangat tidak seimbang dengan jumlah biaya yang dikeluarkan saat memulai proses menanam. Harga tersebut juga sangat jauh dengan harga beli bibit yang mencapai Rp1 juta lebih perkuintal.
Seharusnya, kata Lukman, harga jual bawang Rp500-700 ribu perkuintal baru bisa seimbang dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bibit dan proses lainnya.”Jika harga jual hanya sekian, kita tidak mendapat keuntungan sedikitpun. Bahkan merugi meski bawang kita termasuk kategori bawang super,” tukasnya.         
Dengan anjloknya harga jual bawang, dia meminta pemerintah daerah untuk mengintervensi dan melakukan terobosan supaya harga jual bawang bisa melonjak. “Kami berharap, ada intervensi dari pemerintah dalam menentukan standar harga beli  kepada para tengkulak atau pengusaha,” tandasnya. (SM.11)
×
Berita Terbaru Update