Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Warga Tolak Perluasan RSUD di Lokasi Eks SMP

01 Juni 2012 | Jumat, Juni 01, 2012 WIB Last Updated 2012-06-01T12:34:31Z

Dompu, (SM).- Warga Lingkungan Rasabou Kelurahan Potu Kecamatan Dompu, menolak keras perluasan ruangan rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dompu, karena limbah buangan dari tempat itu meluber ke jalan raya dan mengancam kesehatan warga.

Drs, Mukaram, warga setempat, Kamis (31/5) menegaskan, sangat keberatan terhadap perluasan pembangunan ruangan rawat inap. Sebab, tidak sesuai pedoman tata ruang bangunan dan tata ruang kota sehingga merusak lingkungan kesehatan masyarakat.
Menurut Mukaram, fakta dampak dari perluasan bangunan  itu, air limbah kotoran dan penyakit buangan rumah sakit kini mencemari lingkungan sekitar, lantaran tak tertampung parit yang ada di sampingnya. “Kami merasa jijik dan resah dengan  meluapnya air got ke jalan raya dan mengenai halaman rumah kami,” katanya.
Kondisi demikian sangat memprihatinkan. Jika pemerintah tidak segera mengambil sikap, bukan hal yang tidak mungkin jika warga yang tinggal di dekat lokasi itu akan terserang berbagai macam penyakit berbahaya. “Rumah sakit Dompu disatu sisi sebagai tempat pengobatan, disisi lain juga sebagai penebar penyakit,” tudingnya.
Terkait persoalan ini, pihaknya telah melayangkan surat pada Pimpinan DPRD Dompu agar mengambil sikap tegas diantaranya meminta pemerintah Kabupaten Dompu supaya meninjau kembali perluasan bangunan ruang rawat inap Rumah Sakit Dompu, karena tak layak berada di situ. “Kami berharap DPRD Dompu dapat merespon aspirasi kami secepatnya, sebelum ada warga yang menjadi korban dari pencemaran limbah rumah sakit,” pintanya.
Sementara Direktur Rumah Sakit (RSUD) Dompu yang hendak dikonfirmasi hingga berita ini diturunkan belum berhasil ditemui. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update