Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tingginya Eskalasi Keamanan jadi Atensi Pemkot

01 Juni 2012 | Jumat, Juni 01, 2012 WIB Last Updated 2012-06-01T12:33:59Z

Kota Bima,(SM).-Meningginya eskalasi keamanan yang mengarah pada keributan dan kericuhan diberbagai wilayah Kota Bima pada satu bulan terkahir, menjadi catatan Pemerintah Kota Bima (Pemkot) dengan menggelar rapat lengkap terkait hal itu.

Kamis kemarin di ruang rapat kantor setempat, Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin SE bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dengan dihadiri seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk lurah dan camat, bicara dan menyepakati seperti apa desain mengatasi tingkat kemanan yang mulai terusik itu.
Pada mukadimah Rapat Koordinasi (Rakor) berlebel Kamtibmas tersebut, Wawali menggarisbawahi esensi keamanan dalam menata pembangunan Kota Bima, sangatlah serius dan wajib hukumnya. Tegasnya, urat nadi pencapaian kesejahteraan masyarakat disegala bidang dan pelaksanaan pembangunan secara paripurna, sangatlah tergantung bagaimana rasa aman dan tenteram terpenuhi.
Katanya, kondisi dan situasi Kota Bima pada bulan terakhir mengalami degradasi kemanan yang bermuara pada aksi keributan dan ricuh disejumlah wilayah. Beberapa poin penting latar belakang yang menyebabkan eskalasi kemanan meninggi, ujarnya, terkait issue santet yang terjadi di Kelurahan Manggemaci dan issue yang sama di wilayah lain. Kemudian perkelahian antar warga yang terjadi antara Melayu dan Kolo, lalu perkelahian antar kampun yang baru saja terjadi antara warga Tanjung dan Sarae.
Tentu berbagai kejadian yang mengarah ke instabilitas tingkat keamanan daerah semacam itu, tegasnya, akan berpengaruh pada pencitraan daerah dan geliat pembangunan yang tengah digalahkan semaksimal mungkin oleh pemangku kebijakan dan masyarakat secara umum di Kota Bima.
Untuk itu Wawali, mengaharapkan antisipasi nyata secara dini oleh seluruh aparatur pemerintah, utama sekali lurah dan camat diwilayah masing-masing. Katanya, peran bersama untuk memberikan pemahaman pada masyarakat, sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran dalam rangka menjaga stabilitas kemanan diwilayah ini.
Apalagi kata Wawali, dalam waktu kurang dari setahun, Kota Bima akan melaksanakan Pemilukada. Artinya, situasi kamtibmas yang terjaga kondusif menjadi kata kunci dalam prosesi besar itu. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update