Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penyimpangan Penetapan Kelompok Ternak Terus Didalami

14 Juni 2012 | Kamis, Juni 14, 2012 WIB Last Updated 2012-06-14T04:57:25Z

Dompu, (SM).- Direktur LP2MD Dompu, Ir.Mutakun masih gencar melakukan investigasi terhadap dugaan penyimpangan penetapan  27 kelompok penerima dana Bansos tahun 2012.

Sebelumnya, Mutakun sempat ke Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi NTB dan bertemu dengan salah satu Kabid atas petunjuk Kadisnak. Dari situ Mutakun mendapat kejelasan tentang teka – teki aroma busuk yang menjadikan keresahan di kalangan kelompok tani ternak dengan nilai scoring tinggi yang tidak diloloskan.
“Saya sudah dapat gambaran dari Provinsi tentang pola permainan dalam melakukan penetapan terhadap 27 kelompok ternak penerima dana Bansos tahun 2012”, ujarnya.
Katanya, indikasi konspirasi dalam menetapkan 27 kelompok ternak berlansung antara Disnak Dompu dengan Provinsi. Soal saling lempar tanggung jawab antara Disnak Kabupaten dan Provinsi, juga terindiksi sebagai taktik untuk mengkaburkan substansi persoalan.
“Saya lihat saling lempar tanggung jawab antara Kadisnak Dompu dengan Provinsi soal yang punya kewenangan dalam menetapkan kelompok penerima Bansos. Biarkan saja itu terjadi, tapi saya sudah tahu seperti apa permainan ini”, ungkapnya.
Saat ini dirinya mengaku sedang melanjutkan tugas investigasinya di Disnak Dompu. Lagi – lagi data temuannya terkait indikasi penyimpangan semakin diperkuat oleh keterangan para pejabat berkompeten di Disnak Dompu. Data itu sedang ia rampungkan.
Malah yang ingin dia telusuri lebih dalam lagi tentang dugaan penyuapan yang dilakukan oleh sejumlah kelompok tani ternak kepada oknum pejabat tertentu supaya diloloskan sebagai penerima dana Bansos dimaksud.
Berkenaan dengan itu, pihaknya akan melanjutkan investigasi secara fisik terhadap kelompok – kelompok yang ditetapkan. Disamping itu, dirinya akan mengambil data visual kelompok tersebut. “Saya akan segera turun ke masing – masing kelompok”, ujarnya.
Kepala Disnak Dompu Ir.Fakhruddin A. Wahab yang hendak dikonfirmasi Rabu (13/6) di kantornya, gagal ditemui karena pada hari itu, Kadisnak sedang berkunjung di Kecamatan Pekat Dompu. ‘’Bapak sedang berada di Kecamatan Pekat”, ujar stafnya.
Kasus dugaan penyimpangan penetapan kelompok penerima Bansos masih ditangani Inspektorat Dompu. Kadis Peternakan dan 9 orang tim tehnis yang melakukan verifikasi terhadap kelompok sudah diperiksa.
Pemeriksaan ini dilakukan atas perintah Bupati Dompu Drs.H.Bambang M.Yasin, menyusul terbitnya rekomendasi Dewan tentang dugaan ketidak beresan pekerjaan Disnak Dompu, diantaranya meloloskan 3 kelompok ternak fiktif yang tidak diusulkan sebagai penerima Bansos ke Provinsi yakni kelompok Bina Bersama, Sinar Pagi dan Surya Pagi. (SM.15) 
×
Berita Terbaru Update