Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penetapan Kelompok Tani Kewenangan Provinsi

01 Juni 2012 | Jumat, Juni 01, 2012 WIB Last Updated 2012-06-01T12:31:11Z

Dompu, (SM).- Kepala Dinas Peternakan Kabupaten (Disnak) Dompu, Ir.Fakhruddin  menegaskan, penetapan nama-nama kelompok ternak yang lolos sebagai penerima bantuan, merupakan kewenangan  Disnak Provinsi NTB.

Pernyataan itu  disampaikan  melalui dialog dengan puluhan pengurus dan anggota kelompok petani ternak, Kamis (31/5) di aula Kantor Disnak, guna melakukan klarifikasi terhadap persoalan penetapan kelompok yang lolos baik dari program penyelamatan sapi betina produktif (PSPB) maupun insentif pembiayaan APBD 1 tahun 2012.
Puluhan orang pengurus dan anggota berbagai kelompok ternak hadir secara tertib mengikuti kegiatan dimaksud. Sementara Kepala Disnak didampingi Sekretaris, Kabid Budidaya  dan sejumlah anggota tim verifikasi Kabupaten.    
Menurutnya,  Disnak Provinsi  merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), sehingga berwenang menentukan kelompok – kelompok yang layak menerima bantuan. Karenanya kelompok yang diloloskan bukan berdasarkan urutan hasil scoring tim verifikasi Kabupaten.
Padahal, tim verifikasi sudah berkerja secara obyektif dalam melakukan penilaian kelompok di lapangan yang dibuktikan dengan data visual kelompok yang dimiliki.  “Kami di Kabupaten hanya sebatas merekomendasikan kelompok calon penerima bantuan yang kami anggap memenuhi syarat sesuai dengan hasil scoring. Tapi penentunya oleh Provinsi,” katanya.
Diakhir pembicaraanya Kadisnak menyatakan menerima tawaran peserta dialog dari pengurus kelompok tani untuk menandatangani surat penolakan terhadap keputusan penetapan kelompok penerima bantuan. ‘’Buatkan surat itu, saya yang akan menandatangani,” tandasnya kepada para pengurus kelompok ternak.
Sementara informasi yang dihimpun dari sumber terpecaya dari Disnak Dompu usai dialog berlangsung bahwa Provinsi menetapkan kelompok penerima bantuan berdasarkan petunjuk dari Kadisnak Dompu, saat dia (Kadisnak) berada di Mataram beberapa waktu lalu.
Sumber pun menunjukan bukti SMS pihak Disnak Provinsi dalam hp pribadinya. SMS itu bertulis, Disnak Provinsi menyayangkan sikap Kadisnak Dompu yang mengkambinghitamkan pihak Provinsi, padahal yang bersangkutan sendiri yang terindikasi memberikan nota khusus berisi nama – nama kelompok yang dia prioritaskan sebagai penerima bantuan tahun 2012 ini. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update