Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Lagi, Ikan di Sungai Raba Laju Diracun

01 Juni 2012 | Jumat, Juni 01, 2012 WIB Last Updated 2012-06-01T12:29:57Z
Dompu, (SM).- Ulah oknum warga yang tidak bertanggung jawab meracuni ikan air tawar dari dua aliran sungai Raba Laju Kelurahan Potu dan Desa Kareke, Kecamatan Dompu membuat ikan –ikan  mati.
Ikan mati mulai dari yang kecil hingga berukuran besar. Kuat dugaan ikan diracuni dengan obat hama jenis pestisida. Informasi yang dihimpun, ulah warga melepas racun di dua aliran sungai pada Kamis (31/5) dini hari. Nampak ikan mati berserakan. Itu menandakan besarnya dosis racun yang ditebar ke dalam air.    
Menurut Muhammad warga Desa Kareke, meracun ikan merupakan unsur kesengajaan agar para pelaku bisa memperoleh ikan lebih banyak dengan mudah. Kejadian seperti ini hampir berlangsung setiap tahun terutama saat memasuki musim kemarau alias debit air sungai sudah menurun. Tak heran jika populasi ikan di sungai Raba Laju tak pernah berkembang pesat, walaupun Dinas Perikanan dan Kelautan (Dislutkan) sering menebar benih ikan di lokasi tersebut. “Kami tidak kaget lagi dengan pemotasan ikan seperti ini, sebab sudah sering kali terjadi,” tegasnya.
Muhammad menambahkan, keberanian oknum warga meracuni atau memotas ikan di sungai ini, karena belum ada satupun dari pelaku yang berhasil ditangkap aparat penegak hukum. Mestinya, pihak berwajib dapat bertindak tegas menjebloskan pelaku dibalik jeruji besi untuk memberikan efek jera bagi yang lain agar tidak meniru perbuatan itu.
“Kami tidak tahu siapa pelakunya, makanya kami tidak melapor ke polisi. Kami minta pihak berwajib menyelidiki pelaku yang selama ini meracuni ikan di sungai kami serta memberikan sanksi berat sesuai ketentuan undang – undang yang berlaku,” tandasnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update