Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kepala Pos Benarkan Rekomendasi Disnak Empat Kali

14 Juni 2012 | Kamis, Juni 14, 2012 WIB Last Updated 2012-06-14T04:58:44Z

Dompu, (SM).- Kepala  Kantor Pos Ranting Dompu, Muhibudin, Rabu (13/6) membenarkan bahwa Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Dompu Ir. Fakhruddin mengeluarkan rekomendasi sebanyak  empat kali pencairan dana Bantuan Sosial (Bansos) yang bersumber dari APBN tahun 2011 terhadap 80 kelompok.

Kata dia, sesuai petunjuk teknis (Juknis) pencairan anggaran Bansos kelompok ternak sapi yang dibuat Pemerintah Provinsi NTB justru menyebutkan tiga termin. ‘’Provinsi memang mengirim uang ke rekening masing – masing kelompok tiga tahap. Tapi saya tidak tahu apa alasan Kadisnak Dompu mengeluarkan rekomendasi sampai empat tahap pencairan”, ujarnya.
Menurutnya, pencairan dilakukan melalui Kantor Pos Dompu yang dilayani petugas pembayaran Sunarto. Ia mengaku tak mengetahui ada penyimpanan 12 buku rekening kelompok ternak penerima dana Bansos tahun 2011 di kantornya. Sebab sesuai ketentuan Standar Operasional (SOP) Kantor Pos tidak memiliki kewenangan  untuk menyimpan   buku rekening kelompok. Apalagi penyimpanan itu tidak disertai bukti serah terima yang dipegang baik dari pihak kelompok maupun pihak Pos. 
“Yang berbuat itukan oknumnya, bukan atas nama lembaga. Jadi oknumnya yang harus bertanggung jawab. Bisa – bisa dia dikenai sanksi karena melakukan tindakan di luar tugas dan kewenangannya”, katanya.
“Sebelumnya saya sudah wanti – wanti sama pengurus kelompok agar jangan menitipkan buku rekening kepada pegawai Pos”, tambahnya.
Persoalan itu baru diketahui dirinya setelah kedatangan sejumlah kelompok tani ternak yang melakukan komplain, karena sisa anggaran dalam buku rekening kelompok sudah amblas, padahal kelompok tersebut belum mencairkannya. ‘’Sekitar 10 kelompok yang datang menanyakan buku ke Pos. Menurut keterangan para pengurus kelompok masih ada uang tahap empat yang belum dicarikan”, ujarnya.
Terkait hal itu, Muhibudin mengaku sempat melakukan klarifikasi pada salah satu pihak yang berkompeten di Disnak Dompu, Armansyah S.Pt. “Pak Armansyah membenarkan bahwa ada sejumlah kelompok yang belum terima pencairan uang tahap empat. Katanya saat itu, sekitar 6 kelompok”, ujarnya Muhibudin.
Di tengah menggemparnya persoalan tersebut, Sunarto petugas pencairan dana ditarik ke Kantor Pos Cabang Bima. Namun dirinya sempat menanyakan langsung pada Sunarto mengenai pencairan dana Bansos terhadap 80 kelompok ternak Dompu. Kepadanya, Sunarto mengklaim bahwa pencairan uang terhadap kelompok sudah tuntas.
“Saya sendiri memeriksa saldo dari buku rekening kelompok yang dipegang Sunarto, sisanya tinggal puluhan ribu. Artinya uang sudah dicairkan. Tapi soal siapa yang ambil uang itu saya tidak tahu”, terangnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update