Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hiburan Malam Pemicu Keributan

01 Juni 2012 | Jumat, Juni 01, 2012 WIB Last Updated 2012-06-01T12:32:55Z

Kota Bima,(SM).-Kebiasaan masyarakat yang sudah membudaya terkait hiburan malam semisal orgen tunggal, fenomenanya acap menjadi pemantik selisih paham yang berujung keributan antar-kampung.

Fakta tak terbantahkan, banyak sekali kejadian keributan antar-kampung selama ini, berawal dari hiburan malam layaknya orgen tunggal dan sejenisnya. Semenjak Polres Bima Kota dikomandoi AKBP Kumbul KS SIk, warning pembatasan pemberian izin hiburan malam, hanya dibolehkan sampai pukul 22.00 wita saja. Sementara realitasnya, hiburan malam semacam itu, sering terlihat hingga larut malam, mirisnya selalu terjadi keributan.
Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS SIk yang dimintai tanggapan Kamis kemarin, usai Rapat Koordinasi (Rakor) lengkap membahas situasi kamtibmas wilayah Kota Bima, mengaku, pihaknya selaku aparat kemanan hanya bisa memberikan pembatasan soal hiburan malam. Untuk secara tegas melarang alias meniadakan hiburan malam seperti orgen tunggal, sangatlah tidak mungkin. Alasannya, hiburan malam semacam itu merupakan sarana hiburan bagi masyarakat yang sudah membudaya dan satu-satunya pilihan.
Pembatasan waktu hiburan hingga jam 10 malam, ujarnya, dalam rangka menyiasati terjadinya keributan dan salah satu alternatif untuk menuyiasati dan menghargai serta menghormati warga lain yang tengfah berisitirahat pada malam hari pula.
Asal dilakukan komunikasi dan meminta izin pada yang berwenang, baik lurah pun pihak kepolisian, jelasnya, hiburan malam sesuai batas waktu yang telah ditentukan tetap diberikan izin. Hanya saja izin yang diberikan dalam kerangka mengetahui dan agar dapat diawasi secara bersama pula. Bukan berarti dengan pemberitahuan dan pemberian izin tersebut, yang punya gawe dapat seenaknya menyelenggarakan hiburan malam semaunya.
Soal adanya keributan yang dilatarbelakangi hiburan malam, tampiknya, siapapun tidak ada yang menginginkan. Hanya saja, para penikmat hiburan malam ada pula yang tidak sadar akan arti sebuah hiburan hingga berujung pada keributan.
Dikatakannya, keamanan merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan saja aparat kepolisian. Untuk itu harap Kumbul, semua pihak ikut ambil bagian dalam menjaga kemanan, utama sekali diwilayah masing-masing. (SM.08)    
×
Berita Terbaru Update