Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dirjen Perbenihan dan Holtikultural Tinjau Lokasi Budidaya Bawang Putih

18 Juni 2012 | Senin, Juni 18, 2012 WIB Last Updated 2012-06-18T02:55:11Z

Bima, (SM).- Kabupaten Bima dijadikan Sentral Pengembangan Bawang Putih untuk wilayah Indonesia Timur. Untuk itu, Direktorat Jenderal Perbenihan dan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr Ir Zulbahal telah berkunjung selama 2 hari (Jum’at dan Sabtu) kemarin.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima, Ir H.Nurdin yang ditemui di lapangan sepak bola Desa Cenggu saat pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Sabtu (16/6) mengatakan, kunjungan kerja Dirjen Perbenihan dan Hultikultura ke Wilayah Kabupaten Bima  merupakan tindak lanjut dari program yang telah diusulkan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura.
Dirjen tidak sendirian, ujar Nurdin, tapi ditemani Kasubdin yakni Ir Janwar MSc. “Rombongan Dirjen berkunjung selama dua hari”, aku Nurdin.
Katanya, kegiatan Dirjen di Bima adalah dalam rangka melihat langsung potensi lahan yang akan dijadikan lokasi budidaya bawang putih. Lokasi yang ditinjau meliputi wilayah Sape, Lambitu, Palibelo, Belo, Monta dan Woha.
Menurut Nurdin, wilayah Kabupaten Bima memiliki lahan yang cocok untuk pengembangan budi daya bawang putih. Kabupaten Bima, akan diproyeksikan menjadi pusat pengembangan dan benih bawang putih bagi wilayah Indonesia bagian Timur. “Kita inginkan lahan yang tersedia mencapai ratusan hektar,” ungkap Nurdin.
Masalah luas lahan yang dijadikan lokasi pengembangan, tergantung sungguh hasil survey. Pihak Dinas sudah mengajukan luas lahan di atas seratus hektar,  Realisasinya belum tahu. Nanti setelah selesai di survey oleh tim Kementerian Pertanian RI. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update