Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Harga Barang Tinggi, Segera Lapor

25 Mei 2012 | Jumat, Mei 25, 2012 WIB Last Updated 2012-05-25T12:31:24Z

Kota Bima,(SM).-Pemerintah Kota Bima melalui Kabag Humaspro, M Hasyim S Sos SH MecDev, meminta pada masyarakat untuk segera melapor, jika ditemukan ada kenaikan harga barang dan harga bahan pokok yang melebihi ambang batas kewajaran.

Penegasan dan himbauan tersebut, dimaksudkan untuk menertibkan harga yang terlampau tinggi sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan dengan harga yang terjangkau pula. Meski diakuinya, mengatur regulasi dan harga ditingkat pasar, bukanlah kewenangan pemerintah. Akan tetapi dengan mengetahui dan menerjemahkan keluhan dan temuan warga, solusi positif dapat dilakukan.
Pemerintah kata Hasyim, sangat mengapreasiasi terhadap kepedulian yang dilakukan oleh Aliansindo terhadap fenomena indikasi kenaikan harga barang, ini mereka lakukan demi masyarakat banyak. Namun, pemerintah juga tidak memiliki kewenangan yang luas untuk mengintervensi harga pasar, mengingat harga pasar itu sendiri ditentukan oleh mekanisme pasar yang sudah terbentuk dan terpola dari hulu maupun ke hilir.
Pemerintah hanya bisa menganjurkan, kepada para pedagang untuk tidak mengambil keuntungan dalam kesempatan maupun dalam kesempitan sehingga mengganggu stabilitas ekonomi. “Kita juga memberikan himbauan kepada distributor dan pedagang untuk tidak menaikkan harga barang yang sangat tinggi. Selain itu pula kita lakukan pendekatan pada pengusaha untuk duduk bersama menyikapi kenaikan barang”jelasnya.
Mengantisipasi kenaikan harga juga, sebagai solusi pemerintah Kota Bima tetap akan menyelenggarakan pasar murah agar masyarakat yang kurang mampu bisa manjangkaunya. Katanya, untuk isu kenaikan harga barang, tim teknis baik dari Diskoperindag dan Dinas Sosial telah melakukan pemantauan dan sidak, yang hasilnya harga barang masih relatif stabil dan belum menghawatirkan.
Namun pantauan dan sidak tetap akan diintensifkan sehingga bisa meminimalisir adanya oknum pedagang yang nakal. Apabila ada kenaikan harga yang sangat tinggi, kami meminta juga bantuan masyarakat maupun semua pihak lainnya untuk melaporkan kepada Pemerintah Kota Bima maupun instansi terkait apabila ada kenaikan harga barang yang sangat tinggi agar bisa dilakukan tindakan pencegahan dan teguran. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update