Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

TTG Berpotensi Menyelesikan Persoalan di Daerah

09 April 2012 | Senin, April 09, 2012 WIB Last Updated 2012-04-09T14:35:41Z

Dompu, (SM).- Kepala BPMPD Dompu H. Supardi S.Sos Selasa (03/4) mengatakan, penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berpotensi dalam menyelesaikan berbagai persoalan daerah dibidang pertanian dan peternakan sebagai program prioritas daerah.

Kata dia, Jagung dan Rumput Laut (PIJAR) merupakan salah satu program unggulan daerah yang saat ini memberikan nilai positif terhadap kemajuan ekonomi masyarakat. Akan tetapi, tentu banyak pula  kendala yang dihadapi pemerintah maupun pelaku usaha di dalam menjalankan program dimaksud.
Misalnya, pada musim hujan petani jagung kesulitan mengeringkan jagung dan hal yang sama juga dihadapi petani rumput laut. 
Kondisi hasil pertanian yang tidak berkualitas dengan kadar air yang masih tinggi membuat harga jual komuditi tersebut sangat rendah. Maka dari itu, lanjutnya dibutuhkan sebuah teknologi tepat guna guna mengatasi masalah tersebut sehingga meringankan beban petani dan kendala yang dihadapi dapat teratasi.
“Kami sudah menyampaikan persoalan yang dihadapi daerah ini melalui rapat dengan pihak dari Dirjen PMD yang datang ke kabupaten Dompu untuk menyerap informasi itu. Masalah itu nanti akan disampaikan pihak Dirjen PMD ke tingkat pusat”, katanya.
Tambahnya, potensi ternak sapi di Dompu juga cukup tinggi. Bahkan kualitas daging sapi dari daerah ini diakui masyarakat di sejumlah daerah besar di Indonesia.
Itu merupakan peluang bagi pengusaha ternak untuk mengembangkan usahanya, tak hanya menjual ternak dalam kondisi utuh, tapi bisa mengolahnya dan dijual menjadi daging kaleng, memanfaatkan kulitnya sebagai bahan pengerajin dan kotorannya sebagai sumber bio gas.  “Itulah kelebihan teknologi tepat guna, disamping murah juga memberikan banyak manfaat”, tandasnya.   
Lebih jauhnya, pihak pusat akan mengundang beberapa perwakilan dinas/instansi terkait ke Jakarta untuk menindaklanjuti masalah ini dalam waktu dekat.
Karena kebetulan  Kabupaten Dompu merupakan  salah satu dari 3 Kabupaten/Kota di NTB menjadi sumber perhatian pemerintah pusat dibidang pemanfaatan teknologi tepat guna. “Jika TTG terealisasi di Dompu, saya yakin berbagai persoalan yang dihadapi petani dan peternak bisa diatasi”, pungkas Supardi. (SM.15)   
×
Berita Terbaru Update