Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tak Hadir UN Didominasi Siswa Menikah

19 April 2012 | Kamis, April 19, 2012 WIB Last Updated 2012-04-19T14:45:00Z

Bima,(SM).- Tahun ini, jumlah siswa yang tercatat tak hadir pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Bima, lebih banyak dari tahun sebelumnya. Berdasarkan rekapan dari posko pengaduan UN di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima, jumlah siswa yang tak hadir UN sebanyak 56 orang. Dari jumlah itu, sebagian besar sudah menikah.

Ironisnya, dari 35 orang yang sudah menikah tersebut, didominasi siswa perempuan yang mengenyam pendidikan di sekolah agama Islam. “Dari 35 orang, 15 diantaranya bersekolah di MAN 3 Bima,” beber Kasi Kurikulum Dikpora Kabupaten Bima, Basyirun, SPd, MPd saat ditemui di ruangannya Rabu kemarin.
Selain sudah menikah, alasan siswa yang tidak hadir UN yakni, menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW), seperti dua orang siswa di SMA 1 Monta. Kemudian, dua orang di SMA 1 Wawo meninggal dunia, ada juga yang ditahan aparat kepolisian lantaran tersandung kasus hukum. “Sebagiannya lagi sakit dan tanpa keterangan,” terangnya.
Dari 56 orang siswa yang dinyatakan tak hadir saat UN, akan diupayakan untuk bisa mengikuti ujian susulan yang akan dihelat tanggal 23 April sampai 26 April mendatang. Itu pun tidak semuanya, hanya siswa yang dinyatakan sakit dan memiliki keterangan sakit serta siswa yang sedang menjalani proses hukum di di kantor Polisi.
“Yang sakit dan yang ditahan itu saja, kami tetap berkoordinasi dengan sekolah mereka, terutama yang ditahan, kami juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian. sedangkan yang menjadi TKW dan sudah menikah, sudah tak bisa mengikuti ujian susulan,” katanya.
Basyirun menambahkan, dibanding tahun lalu, jumlah siswa yang tak hadir lebih banyak tahun ini. Begitu pun dengan alasan sudah menikah untuk ketidakhadiran tahun ini, jumlahnya jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update