Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Relokasi Warga Tanju Masih Dalam Proses

16 April 2012 | Senin, April 16, 2012 WIB Last Updated 2012-04-15T17:05:24Z

Dompu, (SM).- Upaya relokasi yang dilakukan Pemda Dompu terhadap warga  Desa  Tanju yang mendiami lahan rencana genangan Bendung Raba Baka  Kompleks masih dalam proses. Demikian ungkap Kepala Tatapem Setda Dompu, M.Ali HM.Saleh BA yang dikonfirmasi, Sabtu (14/4).

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil study larap beberapa waktu lalu terkait potensi dan luas lahan genangan terhadap kebutuhan pembangunan Bendung Raba Baka Kompoleks di Desa Tanju “Sehingga diketahui yang masuk wilayah mega proyek adalah sebagian pemukiman penduduk dan sebahagiannya lagi masuk wilayah kawasan hutan”, katanya.
Sejauh ini, tambahnya, Pemda Dompu bersama pemerintah Provinsi telah menganggarkan biaya relokasi warga tanju ke tempat kemukiman yang baru, ganti rugi rumah dan tanah. Total anggaranya sebesar Rp17 M lebih. “Kebutuhan relokasi, biaya ganti rugi tanah dan rumah warga dan pembangunan fasilitas umum akan ditanggung semua dengan anggaran itu”, ujarnya.
Sejauh ini pemerintah telah membebaskan lahan seluas 20 hektar bagi pemukiman baru, jaraknya tak jauh dari tempat tinggal mereka sebelumnya.
“Tanah 20 ha itu sudah disipkan. Jadi dari luas tanah itu, akan dipetakan luas lahan pemukimannya, percetakan sawah baru, dan untuk pembangunan fasilitas umum seperti Masjid, sekolah dan perkantoran,” tuturnya.
Menurut M.Ali, relokasi penduduk dapat dilakukan apabila berbagai tahapan telah dilalui diantaranya pekerjaan pengukuran tanah milik warga yang disertai biaya sudah tuntas.
“Nanti kita akan meminta bantuan  dari pihak Kantor Pertanahan Nasional (KPN) untuk melakukan pengukuran terhadap luas lahan milik warga. Setelah itu, nanti tim yang akan menghitung nilai kerugian warga. Jika itu sudah tuntas maka kami dapat merelokasikan warga ke tempat yang baru”, katanya.
Berdasarkan rencana tambah M.Ali, uang ganti rugi nantinya tidak akan diserahkan secara tunai kepada warga, akan tetapi dimasukan dalam rekening  masing – masing. Tujuannya untuk menghindari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. (SM.15)
       
×
Berita Terbaru Update