Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkab Bima Masuk 12 Besar Nasional Evaluasi Kinerja

03 April 2012 | Selasa, April 03, 2012 WIB Last Updated 2012-04-03T07:43:08Z

Bima, (SM).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima meraih penghargaan di bidang penilaian kinerja pemerintahan kurun waktu tahun 2011. Penilaian kinerja ini merupakan titik masuk bagi perbaikan dan peningkatan kinerja organisasi pemerintah dalam aspek kualitas, kuantitas dan akuntabilitas sebagai alat ukur kemampuan pemerintah daerah dalam menjalankan misi dan memenuhi tujuan penyelenggaraan pemerintahan.

Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur (OPA) Setda Kabupaten Bima M. Antonius, S.STP menyatakan, kepastian Kabupaten Bima mencapai 12 besar ini setelah BPKP Bali melakukan evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Pemkab Bima pada tahun 2010 lalu, dan selanjutnya Kemen PAN dan Reformasi Birokrasi RI melakukan validasi atas hasil evaluasi BPKP tersebut.
"Predikat CC ini berada setingkat dibawah predikat tertinggi "B" dan di Indonesia hanya Kabupaten Sukabumi yang secara berturut-turut meraih predikat ini.  Penilaian ini mengacu pada kriteria penyampaian LAKIP tepat waktu dan beberapa komponen di dalam laporan itu sendiri”, ungkapnya, melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Bima, Drs Aris Gunawan dalam siaran persnya.
Menurut Anton, komponen penilaian itu, antara lain, perencanaan kinerja sesuai kontrak kerja 1 tahun, kualitas, implementasi pengukuran yang sudah dilakukan Pemkab Bima dengan mengacu pada RPJMD serta evaluasi berkala oleh Bappeda dan Bagian Administrasi Pembangunan Setda.
Aspek penting lainnya yang menjadi indikator adalah evaluasi pelaporan kinerja yang mencakup pemeruhan pelaporan, penyajian informasi dan pemanfaatan informasi kinerja", urai Anton.
Kata mantan Camat Bolo ini, catatan keberhasilan Kabupaten Bima sendiri adalah predikat "D" pada tahun 2009, meningkat menjadi predikat "C" pada tahun 2010 dan meraih predikat "CC" berdasarkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja ini.
Dengan keberhasilan ini, Kabupaten Bima bersama 12 Kabupaten/kota lainnya menerima Piagam Penghargaan dari MENPAN dan Reformasi Birokrasi atas Prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja tahun 2011dengan predikat nilai CC. Kabupaten Bima merupakan satu-satunya Kabupaten/kota di NTB yang meraih predikat CC, bersama dengan Pemerintah Provinsi NTB.
"Penghargaan ini diputuskan Kementerian PAN RB pada bulan Februari lalu dan  piagam yang ditanda tangani Meneg PAN dan  RB Azwar Abubakar tersebut baru diserahkan akhir Maret ini", terang Anton.
Ditambahkannya, capaian ini berkat kerja keras dan dukungan seluruh SKPD lingkup Pemkab Bima dan diharapkan menjadi motivasi seluruh SKPD untuk lebih meningkatkan kualitas sistem pelaporan kinerja sesuai amanat Permen PAN nomor 29 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan penetapan kinerja dan laporan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah. (SM.04)
×
Berita Terbaru Update